Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Gelar Pemilu Raya, Unnes Praktikkan Sistem Pemilihan Online

Gelar Pemilu Raya, Unnes Praktikkan Sistem Pemilihan Online

METROSEMARANG.COM – Universitas Negeri Semarang menggelar pemilihan umum raya keluarga mahasiswa (Pemira KM), Rabu (14/12) di kampus Sekaran Gunungpati Semarang. Pemira KM tahun 2016 ini sekaligus menjadi Pemira pertama yang dilakukan secara serentak dan online.

Para mahasiswa melakukan pemilihan calon Presiden BEM Unnes. Fpto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Agung Pambudi, Ketua Komisi Pemilihan Umum Raya (KPUR) menuturkan Pemira KM merupakan penyelenggaraan pesta demokrasi untuk memilih anggota Presiden dan Wakil Presiden Kampus, juga BEM Fakultas beserta jajarannya.

“Dilakukan secara serentak dan tahun ini ada inovasi baru dengan sistem online, yang tentunya diharapkan dapat memudahkan mahasiswa dalam memilih,” beber Agung.

Ia menambahkan pelaksanaan Pemira KM Unnes diselenggarakan serentak setelah adanya koordinasi yang baik antara Komisi Pemilihan Umum Raya (KPUR) bersama Pimpinan Kampus dan KPU Fakultas. Meski sebenarnya sistyem online sudah ditetapkan penggunaannya sejak 2010 silam, namun baru diaplikasikan secara serentak pada tahun ini.

“Penggunaan pemilihan secara online merupakan salah satu keunggulan sistem IT yang telah dimiliki Unnes di tengah pesatnya kemajuan Teknologi saat ini, imbuh Agung.

Keunggulan Pemilihan umum secara Online kata dia yaitu sistem online dinilai lebih efisien dalam penggunaan anggaran dan efisien dalam penggunaan kertas karena surat suara tidak dicetak menggunakan kertas melainkan surat suara elektronik. Tidak hanya itu, melalui sistem online yang dimiliki Unnes dapat meminimalisir terjadinya kecurangan pada saat pemungutan suara di TPS.

Agung juga berharap pelaksanaan pemira secara online dan serentak yang dipraktikkan di Unnes dapat di contoh oleh kampus lain.“Semoga ke depannya bisa jadi contoh tidak hanya kampus lain tapi juga Pemilu di tingkat Nasional,” pungkas Agung. (vit)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link