Home > METRO BERITA > Gelar Wisata Edukasi, Pemkot Dukung Indonesia Bebas Anak Jalanan

Gelar Wisata Edukasi, Pemkot Dukung Indonesia Bebas Anak Jalanan

METROSEMARANG.COM – Upaya penanganan anak jalanan (anjal) dan pencegahan HIV/AIDS terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Semarang. Diharapkan hal ini dapat mendukung program menuju Indonesia bebas anak jalanan 2017 yang dicanangkan Pemerintah Pusat.

Wisata edukasi anak jalanan. Foto: istimewa

Salah satu upaya dengan menggelar kegiatan Wisata Edukasi, Komunikasi, dan Informasi kepada masyarakat. Wisata Edukasi misalnya dengan pemutaran film yang menceritakan tentang bagaimana menghindari bahaya HIV dan cara memperlakukan tetap dengan baik pengidap HIV.

”Kita komitmen berpartisipasi untuk mensosialisasikan program menuju Indonesia bebas anak jalanan 2017, yang dideklarasikan Menteri Sosial,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Semarang, Tommy Yarmawan, Rabu (30/8).

Dia menjelaskan, anak jalanan merupakan fonomena permasalahan sosial yang nyata di masyarakat. Karena itu pihaknya menggelar kegiatan Wisata Edukasi Anjal. Tujuannya, memberi pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat tentang permasalahan itu.

”Agar mereka dapat membantu perubahan sikap para anak jalanan ke arah lebih positif. Misalnya, dengan tidak memberikan uang kepada anak jalanan, dan turut serta memberikan pembinaan kepada anak jalanan tentang bahaya HIV/AIDS,” kata Tommy Yarmawan.

Di Kota Semarang, tambahnya, dari tahun 1995 hingga 2017 terdapat 4.313 kasus HIV/AIDS. Ironisnya pengidap merupakan masyarakat usia produktif antara 20-40 tahun. Setiap tahunnya rata-rata ada terjadi 450 kasus HIV/AIDS. (duh)