Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Komunitas > GenPi Jateng Sulap Hutan Karet di Kendal jadi Pasar Karetan

GenPi Jateng Sulap Hutan Karet di Kendal jadi Pasar Karetan

METROSEMARANG.COM – Generasi Pesona Indonesia Jawa Tengah (GenPi Jateng), sebuah komunitas netizens yang konsentrasi di sektor pariwisata membuat Pasar Karetan di Desa Meteseh Kabupaten Kendal. Terdapat 1.001 spot foto selfie yang ada di perbatasan Kota Semarang dan Kabupaten Kendal ini.

Pasar Karetan di Desa Meteseh, Kabupaten Kendal. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Anak-anak muda GenPI mengubah hutan karet menjadi tempat rekreasi sekaligus etalase bagi puluhan UMKM dari warga sekitar. Perpaduan antara anak muda yang melek teknologi dan keramahan warga sekitar menjadi daya tarik tempat yang akan beroperasi setiap Minggu pagi hingga siang ini

Stafsus Kementerian Pariwisata Bidang Komunikasi, Don Kardono melihat Pasar Karetan itu sebagai digital sociopreneurship, karena produk-produknya hanya dipromosikan melalui media sosial oleh GenPI nasional.

Dengan gerakan GenPi untuk meramaikan di dunia maya, tempat yang baru dibuka pada 5 November 2017 ini beberapa kali menjadi trending topic di Twitter dan heboh di Instagram, Facebook dan Youtube.

“Pasar ini bisa digunakan netizens dan komunitasnya untuk kopi darat, minum kopi karetan ke Pasar Karetan. Kami ingin mendownload komunitas medsos dengan followers, subscribers, friends yang berinteraksi di online, kumpul secara offline,” tutur Don Kardono, Senin (6/11).

Tidak ada tiket untuk memasuki area ini. Penyelenggara memfasilitasi penukaran uang rupiah dengan koin kayu yang digunakan transaksi di Pasar Karetan. (ade)