Home > METRO BERITA > Gerah Dituding Terlibat ISIS, Abu Tholut Buka Mulut

Gerah Dituding Terlibat ISIS, Abu Tholut Buka Mulut

image
Ilustrasi

SEMARANG – Tudingan keterlibatan dirinya dalam gerakan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) ternyata membuat Abu Tholut gerah juga. Bersama sesama napi Lapas Kelas IA Kedungpane Semarang, terpidana kasus bom Bali I itu ingin melakukan deklarasi penolakan terhadap segala bentuk pergerakan ISIS di Indonesia.

“Inisiatif itu sebagai aksi penolakan supaya masyarakat tahu. Saat saya konfirmasi beliau (Abu Tholut) mengaku bukan bagian dari ISIS,” terang Kepala Lapas Kedungpane, Semarang, Maliki saat ditemui wartawan, Rabu (27/8).

Maliki memaparkan, munculnya ide penolakan dari narapidana terorisme yang divonis 8 tahun penjara itu untuk menegaskan terkait tudingan bahwa dirinya dan sejumlah napi terorisme lain penghuni Lapas Kedungpane merupakan bagian dari ISIS. “Sebelumnya, dia sudah menyampaikan beberapa ide untuk deklarasi itu,” imbuhnya.

Menurut Maliki, pihaknya memang memperbolehkan narapidana untuk melakukan deklarasi penolakan terhadap gerakan ISIS. “Karena saya orang pemerintah yang menolak ISIS, jadi kalau ada hal itu (deklarasi) ya boleh-boleh saja,” ungkapnya.

Abu Tholut merupakan teroris jebolan akademi militer Afganistan yang pernah terlibat aksi pengeboman di beberapa kota di Indonesia. Dia diringkus polisi dalam pelariannya di Kabupaten Kudus pada 2012 lalu.

Pantauan metrosemarang.com, sejumlah personel Polrestabes Semarang terlihat memperketat penjagaan di sekitar lapas.
Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Djihartono yang tiba di lokasi mengatakan, pihaknya akan menindak tegas jika ternyata deklarasi itu bukan penolakan ISIS.

“Tentu kami cek, jangan sampai pernyataan itu sebaliknya. Jika sebaliknya, tentu akan langsung saya bubarkan untuk kembali masuk dalam sel,” tegasnya. (les)