Home > METRO BERITA > METRO SPORT > Gol Anhar Latif Bungkam Macan Tidar

Gol Anhar Latif Bungkam Macan Tidar

METROSEMARANG.COM – PSIS sukses menutup laga kandang terakhir di fase grup Indonesia Soccer Championship (ISC) B dengan kemenangan atas PPSM Sakti Magelang, Sabtu (27/8). Gol semata wayang pemain pengganti Anhar Latif Prayogo sekaligus mengandaskan peluang Laskar Macan Tidar untuk melaju ke babak 16 besar.

Anhar Latif memastikan kemenangan kemenangan PSIS atas PPSM. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono
Anhar Latif memastikan kemenangan kemenangan PSIS atas PPSM. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono

Meladeni peringkat 5 Grup 4 di Stadion Jatidiri, pelatih Eko Riyadi melakukan beberapa perubahan dalam starting XI. Kapten Fauzan Fajri diberi kesempatan menjalani debut musim ini. Winger Wage Dwi Aryo juga kembali masuk sebagai starter menggantikan peran Dani Raharjanto.

Kedua tim memulai pertandingan dalam tempo lambat. Bola lebih banyak bergulir di area tengah. Hingga 20 menit laga berjalan, tak ada peluang yang dihasilkan.

Kans pertama didapat Hari Nur di menit 25. Sepakan jarak dekat yang dilepaskan striker PSIS masih bisa digagalkan kiper Markus Horison.

Dua menit berselang, tendangan bebas Fauzan Fajri masih melayang di atas mistar. Menjelang turun minum, PSIS kembali mendapat kans. Sundulan Ahmad Agung melenceng di sisi kanan gawang Markus.

Selepas masuk ruang ganti, tuan rumah mencoba meningkatkan intensitas serangan. Edy Anto mencoba peruntungan di menit 47. Menerima backpass dari Johan Yoga, gelandang asli Boyolali ini melepaskan sepakan firstime, tapi masih belum menemui sasaran.

Menit 61, Hari Nur kembali mendapat peluang. Berawal dari sepakan bebas, Hari mengarahkan bola ke tiang dekat dan lagi-lagi masih bisa diantisipasi Markus Horison.

Dua menit kemudian, Anhar Latif yang masuk menggantikan Ahmad Agung berhasil memecah kebuntuan. Gol ini diawali pelanggaran di sisi kiri pertahanan PPSM. Safrudin Tahar sebagai eksekutor melepas umpan ke tiang jauh dan gagal dijangkau Markus. Anhar yang lepas dari pengawalan sukses menceploskan bola lewat sundulan.

Gol ini membuat pertandingan semakin menarik. Tim tamu mulai berani memberikan tekanan ke pertahanan PSIS. Kerja keras anak asuh Siswanto nyaris berbuah hasil di menit 76. Tapi, sundulan Iwan HW masih bisa ditepis Syaiful Amar.

Memasuki 10 menit akhir pertandingan, kedua tim silih berganti melancarkan serangan. Menit 81, serangan balik PSIS dan diakhiri sepakan Hari Nur masih melenceng di sisi kiri gawang Macan Tidar.

Di injury time babak kedua, Hari Nur lagi-lagi mendapat peluang menambah keunggulan. Tinggal berhadapan dengan Markus, pemain bernomor 22 ini gagal mengarahkan bola ke dalam gawang. Sepakannya masih melebar.

Kemenangan ini makin menegaskan posisi PSIS di puncak klasemen Grup 4. Fauzan Fajri dkk mengoleksi 25 poin, unggul 10 angka dari PSIM Yogyakarta di posisi runner up. Sementara, kegagalan memetik tiga angka memupus peluang PPSM untuk melaju ke babak 16 besar. (twy)

Susunan Pemain

PSIS 4-2-3-1: Syaiful Amar–Andriantono, Fauzan Fajri, Tegar Pribadi, Safrudin Tahar; Edy Anto, Ahmad Agung; Wage Dwi Aryo, Feri Ariawan, Hari Nur; Johan Yoga

PPSM 4-2-3-1: Markus Horison–Budi Sismanto, Dedeyan Surdani, Catur Erik Sandi, Adi Cahyadi; Fatah Aditya, Rino Viantoro; Iwan HW, Anwar Rohman, Reza Ajie; Sumaryanto