Home > METRO BERITA > METRO SPORT > Lumat Persip 3-0, PSIS Kembali Jauhi Persis

Lumat Persip 3-0, PSIS Kembali Jauhi Persis

Hari Nur mencetak gol penutup ke gawang Persip Pekalongan. Foto Metro/MS-01
Hari Nur mencetak gol penutup ke gawang Persip Pekalongan. Foto Metro/MS-01

SEMARANG – PSIS menutup laga kandang terakhir putaran grup dengan hasil sempurna. Menjamu Persip Pekalongan di Stadion Jatidiri, Jumat (15/8/2014), skuad racikan Eko Riyadi sukses mengemas kemenangan dengan skor 3-0, lewat gol Ronald Fagundez, Nufiandani dan Hari Nur Yulianto.

Pada laga kali ini, Mahesa Jenar tampil tanpa sang kapten Fauzan Fajri. Perannya di lini pertahanan digantikan bek senior Sunar Sulaiman yang berduet dengan Anam Sahrul. Minus Fauzan dan Safrudin Tahar, Eko Riyadi menurunkan formasi yang nyaris sama seperti saat melumat PPSM Magelang 4-0, awal pekan ini. Namun, kali ini PSIS justru gagal menampilkan performa terbaik. Mereka tak mampu memanfaatkan kondisi fisik anak-anak Pekalongan yang baru tiba di Semarang, beberapa jam sebelum pertandingan.

Tampil melempem di awal laga, PSIS baru memeroleh peluang pertama di menit 11. Peluang tersebut sukses dimaksimalkan Ronald Fagundez untuk menaklukkan kiper Ridho Jaluli. Gol ini diawal kerjasama apik antara Franky dan M Yunus di sisi kiri pertahanan Pekalongan. Sodoran Franky diteruskan Yunus ke dalam kotak penalti dan disambut sundulan Julio Alcorse. Umpan striker Argentina itu langsung disambar dengan sepakan voli kaki kanan Fagundez. Ini adalah gol kedua Fagundez, yang kali ini mengemban ban kapten dalam dua pertandingan terakhir.

Setelah gol itu, kedua tim tak banyak menciptakan peluang. Tim tamu nyaris menyamakan skor di menit 30. Sayang, sontekan Wahyudi yang sudah lolos dari jebakan offside masih melambung di atas gawang Ivo Andre. Babak pertama ditutup dengan skor 1-0 untuk PSIS.

Di paruh kedua, Eko Riyadi membuat perubahan strategi. Alcorse yang tampil di bawah form ditarik dan digantikan Nufiandani. Sedangkan, untuk menambah daya gedor, eks pembesut Persitema itu menyuntikkan Hari Nur menggantikan Ediyanto.

Dengan skema 4-4-2, serangan Mahesa Jenar lebih menggigit. Fagundez cs beberapa kali mengancam gawang Laskar Kalong. Puncaknya, di menit 71, Nufiandani menggandakan keunggulan tuan rumah. Eks penyerang Persijap itu sukses memanfaatkan kemelut di mulut gawang Persip. Dani memenangi duel dengan kiper Ridho. Nama terakhir harus ditarik keluar karena cedera.

Terus menekan di sisa laga, anak-anak Semarang kembali menambah gol di injury time. Kali ini giliran Hari Nur Yulianto yang menggetarkan gawang Persip. Skor 3-0 bertahan hingga akhir pertandingan.

Hasil ini membuat PSIS kembali menjauh dari Persis. Mahesa Jenar masih memuncaki Grup 4 dengan 29 poin, unggul tiga angka atas Laskar Sambernyawa. (*)

Susunan Pemain PSIS 4-2-3-1: Ivo Andre–Taufik Hidayat, Sunar Sulaiman, Anam Sahrul, Welly Siagian; Andi Rohmad, Ediyanto; Ronald Fagundez, M Yunus, Franky Mahendra; Julio Alcorse Persip 4-4-2: Ridho Jaluli–Azizi, Sugiat, Agung Prastyo, Risman; Siaka Dembele, Wahyudi, Gipsy, Hersan; Michael, Charles Orok