Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Gratia Choir, Paduan Suara Unika Soegijapranata Gondol Lima Emas di Italia

Gratia Choir, Paduan Suara Unika Soegijapranata Gondol Lima Emas di Italia

METROSEMARANG.COM – Sekelompok anak muda yang tergabung dalam grup paduan suara di Semarang mampu menorehkan prestasi gemilang di kancah internasional. Gratia Choir, paduan suara dari Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata mampu menggondol lima emas sekaligus dalam kontes bertajuk 11th Rimini International Choral Festival di Kota Rimini Italia.

Personel grup paduan suara dari Unika Soegijapranata saat tampil di Italia. Foto: istimewa

Pada ajang yang digelar selama 21-24 September tersebut, Gratia Choir menyabet lima Gold Diploma, satu Silver Diploma, Special Prize for Best Performance of Italian Composer’s Work, dan Second Place at Grand Prix Competition.

Alfonso Andika Wiratma, pelatih Gratia Choir mengatakan sangat bangga atas prestasi yang ditorehkan grup paduan suaranya. Pasalnya, mereka harus melawan peserta dari negara-negara kuat macam Slovakia, Slovenia, Swedia, Polandia, Rusia, Guetemala, Italia, Hongaria, Portugal, Lithuania, Latvia, Spanyol, Estonia.

“Tentu ini buah kerja keras latihan selama ini. Kami sempat tidak percaya. Karena lawan kami adalah group dari dari Eropa Timur yang merupakan asal paduan suara. Sempat tak yakin, tapi bersyukur hasilnya bagus,” bebernya, Jumat (6/10).

Ia menyebut timnya mampu tampil mengagumkan dengan meraih nilai 87,40 untuk kategori Folk, Gospel, Spiritual, Gold Diploma lv 1 dengan nilai 85,21 untuk kategori Mixed Choir; dan Silver Diploma untuk kategori Sacred Music dengan nilai 82,48.

Pundi-pundi emas Indonesia juga bertambah saat timmya ikut lomba serupa di Florence dalam kurun waktu berdekatan.

Persiapan timnya untuk mengikuti lomba paduan suara di dua kota di Italia yakni selama 7 bulan.

Sedangkan menurut Agustinus Dian Purnandi, Ketua Delegasi Gratia Choir, dirinya membawa serta 33 orang antara lain 30 penyanyi, seorang kru dan seorang pelatih dan seorang pendamping. “Mereka berada di Italia selama dua minggu sejak 19 September sampai 3 Oktober,” imbuhnya.

“Di akhir acara, kami sempatkan menyanyi di Vatikan, disana dilihat semua turis. Kami nyanyikan lagu Indonesia Raya,” katanya.

Rektor Unika Soegijapranata, Frederik Ridwan Sanjaya, juga tak bisa menutupi kegembiraannya atas prestasi tersebut. Kemenangan di Italia bukan untuk Unika saja tetapi juga orang Indonesia di Vatikan. (far)