Home > METRO BERITA > Griya ASA Perkuat Layanan Anti HIV/AIDS bagi LGBT

Griya ASA Perkuat Layanan Anti HIV/AIDS bagi LGBT

METROSEMARANG.COM – Kaum lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) kini semakin mendapatkan tempat yang nyaman untuk berinteraksi sekaligus mencari layanan berobat secara memadai di Semarang. Sebab, setidaknya saat ini terdapat tiga puskesmas yang secara terbuka mengajak mereka untuk rutin check-up gratis tiap hari.

Ilustrasi
Ilustrasi

“Puskesmasnya ada di Jalan Hasanudin, Jalan Imam Bonjol dekat Stasiun Poncol sama di Kalibanteng,” terang Riza Islami Pengurus Griya ASA Semarang, kepada metrosemarang.com, Jumat (23/9).

Riza lantas menyebutkan ketiga Puskesmas itu beberapa tahun terakhir terus memperkuat layanan maksimal bagi LGBT yang terjangkit HIV/AIDS maupun keluhan penyakit menular seksual lainnya.

Bahkan, ia menyebut populasi waria dan gay yang cukup banyak saat ini juga membuat mereka rentan tertular penyakit mematikan tersebut.

“Jika mereka berhubungan intim lewat anus maka potensi kena penyakitnya sangat tinggi,” akunya.

Saat ini, Griya ASA juga mendukung upaya gerakan anti HIV/AIDS di kalangan LGBT dengan memberikan bantuan perlindungan hukum (advokasi) serta menggencarkan penyuluhan akan pentingnya rutin cek darah.

“Kita berusaha terus-menerus ngajak mereka lakukan tes HIV. Jika negatif maka akan dilakukan observasi selama tiga bulan terakhir. Makanya, kitanya sendiri di klinik Griya ASA sangat diterima dengan baik oleh mereka,” paparnya. (far)