Home > METRO BERITA > KULINER > Gunung Ungaran, Indahnya Petualangan di Pinggiran Semarang

Gunung Ungaran, Indahnya Petualangan di Pinggiran Semarang

Muhammad Saiful Ibat, usai turun dari puncak G. Ungaran yang terlihat tepat di belakangnya. (Foto : ilyasaditya/metro)
Muhammad Saiful Ibat, usai turun dari puncak G. Ungaran yang terlihat tepat di belakangnya. (Foto : ilyasaditya/metro)

 

UNGARAN – Seakan merasa tak terpengaruh oleh aktivitas Gunung Slamet yang terus meningkat, Gunung Ungaran tetap tenang untuk dikunjungi wisatawan.

Gunung Berapi bertipe Strato yang terletak tepat di pinggiran kota Semarang ini memang memiliki daya tarik tersendiri untuk menarik minat  wisatawan atau pendaki yang ingin melepas penat akan hiruk pikuk kehidupan kota. Muhammad Saiful Ibat (25), warga BSB Semarang yang juga  salah seorang pendaki Gunung Ungaran mengatakan, Gunung Ungaran memiliki berbagai keistimewaan, selain  jalur pendakian yang lumayan terjal dan sempit, bebatuan curam juga siap menanti para pendaki.

“Meski begitu, hal tersebutlah yang menjadi daya tarik saya untuk mendaki Ungaran, mungkin hal yang sama juga  dirasakan pendaki lain, ” tutur pemuda yang akrab disapa Asep ini. Selain itu, lanjut dia, Gunung Ungaran juga memiliki hamparan kebun teh yang sangat luas, oleh karena itu Gunung Ungaran juga cocok untuk menjadi destinasi liburan keluarga.

Ada tiga jalur yang bisa dilewati untuk menuju puncak Ungaran, yakni dari Jimbaran, Medini, maupun melalui komplek Candi Gedong Songo. Cukup merogoh kocek kurang dari 10 ribu Rupiah untuk tiket masuk,  wisatawan sudah bisa menikmati keindahan Gunung Ungaran. “Alangkah bersyukurnyanya ada suasana seperti ini di dekat kota Semarang, ” tandas Asep. (Yas)