Home > METRO BERITA > Guru SMK Tipu hingga Miliaran Rupiah, Ini Modusnya

Guru SMK Tipu hingga Miliaran Rupiah, Ini Modusnya

image
Ilustrasi

SEMARANG – Polrestabes Semarang terus mengembangkan kasus penipuan bermodus bisnis paket dan parsel Lebaran dengan tersangka Choirida (34).

Kasat Reskrim Polreatabes Semarang AKBP Wika Hardianto mengatakan, modus yang dilakukan guru SMK Jaya Wisata Banyumanik tersebut dengan menunjukan surat dari beberapa perusahaan terkemuka. Di antaranya PT Dua Kelinci

Kepada korban, pelaku ini mengaku bahwa perusahan tersebut telah memesan souvenir dan paket Lebaran kepadanya dengan jumlah Rp 7,3 miliar. Surat tersebut ditunjukkan agar korban percaya kalau pelaku berbisnis dengan penghasilan besar. “Pelaku ini menggunakan surat fiktif dan usaha bisnis fiktif juga,” terang Wika, Rabu (23/7/2014).

Selain itu, korban juga diiming-imingi keuntungan menggiurkan. Yakni 7 hingga 12 persen per empat hari. Korban Kris, ujar Wika, mengirimkan uang secara bertahap total Rp 45 juta sejak Mei hingga Juni 2014. Sedangkan Ramlah bermula Rp 200 juta tambah lagi dan terus tambah hingga masuk sekitar Rp 1,7 miliar sejak Februari 2014 lalu.

“Sementara kasus tersebut masuk ke ranah penipuan dan penggelapan,” pungkas Wika. (les)