Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Komunitas > Hadiri Puncak Pameran Kopi, Anne Avantie: Seniman Tak Perlu Takut Plagiat

Hadiri Puncak Pameran Kopi, Anne Avantie: Seniman Tak Perlu Takut Plagiat

METROSEMARANG.COM – Desainer kondang, Anne Avantie menghadiri puncak acara pameran kopi yang dihelat di Nescology Jalan Tambora Gajahmungkur.

Anne Avantie Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Anne Avantie
Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Dalam acara tatap muka dengan para perupa dan seniman instalasi itu, Anne menekankan bahwa seorang seniman tak perlu khawatir akan hal-hal yang berbau plagiat.

“Menjadi seniman tak perlu takut dengan para plagiator. Makanya, untuk melawan mereka tidak perlu kalian susah-susah sewa pengacara untuk menghukum para plagiat, sampai akhirnya uangnya habis dan kalah. Rejeki sudah Tuhan yang mengatur jadi tak perlu risau,” kata pelopor kebaya dress di Indonesia tersebut, Minggu (28/8).

Kendati demikian, ia menekankan bahwa seninan harus punya jiwa bisnis agar dapat bersaing ketat di dunia seni rupa modern. Tiap pelukis, ujar Anne, perlu memiliki nilai tawar dimata orang lain agar karya-karyanya dihargai.

“Saya kira, seniman jangan lagi berpenampilan kusut. Apa kalian mau, lukisan karya kalian dipajang sebagus mungkin tanpa dibayar? kan ora ngono tho,” katanya.

Ajang pertemuan antara Anne Avantie dengan 45 perupa itu merupakan antiklimaks dari acara pameran lukisan kopi. Di penghujung acaranya, mereka membingkai lebih detail tiap gerak-gerik Anne ke dalam kanvas dan sketsa pena.

Anne rupa-rupanya tetap menjadi daya tarik yang tinggi bagi kalangan pelukis walaupun usianya tak lagi muda. (far)