Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > Harga Cabai Rawit Setan Masih Tinggi, Omzet Pedagang Berkurang

Harga Cabai Rawit Setan Masih Tinggi, Omzet Pedagang Berkurang

METROSEMARANG.COM – Jelang Tahun Baru 2017 harga cabai di Semarang masih tinggi. Kondisi ini justru dikeluhkan pedagang lantaran daya beli masyarakat menurun dan berimbas pada omzet mereka.

Harga cabai rawit setan belum juga stabil. Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Pantauan metrosemarang.com di Relokasi Pasar Johar, peningkatan tinggi terjadi pada harga cabai rawit merah atau biasa disebut cabai setan. Jika biasanya harganya kisaran Rp 50 ribu per kilogram, kini mencapai Rp 68 ribu per kilogram.

Salah seorang pedagang, Santoso mengatakan, kenaikan harga cabai ini sudah terjadi sejak dua pekan lalu. “Apalagi pas Natal kemarin Mas, harganya mencapai Rp 80 ribu per kilo,” katanya, Jumat (30/12).

Tak hanya cabai setan yang meningkat harganya, hal serupa juga terjadi pada cabai keriting. Semula harganya Rp 20 ribu per kilogram, kini mencapai Rp 35 ribu per kilogram.

Sementara itu penurunan justru terjadi pada cabai rawit putih dan cabai rawit hijau. Dari sebelumnya dijual Rp 50 ribu, kini hanya Rp 35 ribu untuk cabai rawit putih dan Rp 40 ribu untuk cabai rawit hijau.

Kenaikan harga tersebut berimbas kepada penjualan cabai di lapak milik Santoso. “Jelas ada (penurunan) Mas. Kalau biasanya sehari habis 1 truk, tapi pas mahal gini ya 1 truk bisa habis dalam 2 sampai 3 hari,” tambah Santoso.

Santoso biasa mengambil cabai dari daerah Jawa Timur. Selain kualitasnya bagus, jumlah pasokannya banyak. “Ini saya dapat pasokan dari Blitar sama Madura, kalau di daerah sini seperti Bandungan dan Temanggung biasanya kualitasnya kurang bagus dan pasokanya sedikit,” pungkas Santoso. (fen)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link