Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > Harga Cabai Setan di Pasar Karangayu Sedikit Turun

Harga Cabai Setan di Pasar Karangayu Sedikit Turun

METROSEMARANG.COM – Harga cabai yang beberapa hari lalu bertengger di angka Rp 70 ribu, hari ini sedikit turun. Itu terjadi di Pasar Karangayu Semarang. Harga cabai rawit merah atau yang biasa disebut cabai setan hari ini (23/11) Rp 50 ribu per kilogram. Turun sedikit dari harga sepekan sebelumnya yang mencapai Rp 60 ribu per kilogram.

Harga cabai rawit setan berangsur turun. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Harga cabai rawit setan berangsur turun. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Sementara harga cabai merah keriting yang sebelumnya menembus Rp 70 ribu per kilogram, hari ini menjadi Rp 60 ribu per kilogram. Cabai hijau keriting masih di angka Rp 30 ribu per kilogram.

“Cabai merah teropong masih Rp 60 ribu sekilonya. Rata-rata harga cabai turun sedikit dalam tiga hari ini,” kata Maksum (48), pedagang cabai yang ditemui metrosemarang.com di Pasar Karangayu.

Menurut Maksum, itu adalah harga jual yang dipakainya. Ia membeli cabai dari Pasar Johar yang sementara menempati kawasan sekitar Masjid Agung Jawa Tengah, Gayamsari, Semarang. “Kalau beli dari Masjid Agung ya lebih murah,” katanya.

Sementara, harga bawang merah juga turun dari Rp 48 ribu per kilogram menjadi Rp 40 ribu per kilogram. Sedangkan harga bawang putih Rp 40 ribu per kilogram.

“Kalau saya sebagai pedagang ya lebih untung kalau harganya mahal. Beli 40 sampai 50 kilogram cabai macam-macam ya habis dua hari. Cuma kadang cabainya tidak ada kalau sedang mahal. Tapi untuk sekarang ini cabainya ada di pasar Masjid Agung,” demikian Maksum.

Rahmat (36) salah seorang pedagang penyetan khas Lamongan di kawasan Kalipancur mengaku merasakan dampak kenaikan harga cabai akhir-akhir ini. Dalam sehari warungnya membutuhkan satu setengah sampai dua kilogram cabai rawit merah dan cabai keriting. Namun ia tak bisa menaikkan harga makanan yang dijualnya.

“Ya agak terasa ini naiknya. Naik harga tidak bisa, susah. Tapi bisa mengurangi sedikit porsi sambelnya,” kata Rahmat. (han)

Tinggalkan Balasan