Home > METRO BERITA > METRO SPORT > Hari Nur Hattrick, PSIS Libas PSGC 4-2

Hari Nur Hattrick, PSIS Libas PSGC 4-2

Hari Nur Yulianto mengukir hattrick ke gawang PSGC Ciamis. Foto Metrosemarang
Hari Nur Yulianto mengukir hattrick ke gawang PSGC Ciamis. Foto Metrosemarang

SEMARANG – Tiga gol Hari Nur memberi kemenangan 4-2 PSIS atas PSGC di Stadion Galuh Ciamis, Minggu (12/10) sore. Tuan rumah yang harus bermain dengan 10 orang sejak pertengahan babak kedua hanya mampu membalas lewat sontekan Ganjar Kurniawan dan Abdul Basid.

Menjamu PSIS di Stadion Galuh, Minggu (12/10) sore, PSGC tampil tanpa empat pilarnya yang masih menjalani sanksi. Kehilangan Emile Linkers di lini depan, cukup berpengaruh terhadap daya gedor tuan rumah.

Sedangkan, di kubu tim tamu, pelatih Eko Riyadi tetap memertahankan starting XI kala mengimbangi Persiwa Wamena, tengah pekan kemarin. Di barisan pertahanan, bek senior Sunar Sulaiman kembali dipercaya berduet dengan Fauzan Fajri, yang diapit Safrudin Tahar dan Welly Siagian di kedua sisi.

Pada 15 menit pertama, kedua tim masih tampil berhati-hati. Morris Power memberi ancaman pertama buat PSIS di menit 17. Namun, tendangan bebas yang dilepaskan eks palang pintu Mahesa Jenar itu masih tepat di pelukan kiper Catur Adi Nugroho.

Delapan menit kemudian, PSIS sukses membuka skor. Franky berhasil lolos dari pengawasan pemain-pemain belakang PSGC untuk menanduk bola ke dalam gawang Irpan. Keunggulan ini membuat penggawa Mahesa Jenar lebih percaya diri. PSIS pun menutup paruh pertama dengan skor 0-1.

Memasuki babak kedua, PSIS dan PSGC sama-sama melakukan sejumlah pergantian. Morris Power ditarik keluar, digantikan Wahyudi dan Rosian Indira Saputra menggantikan Erwin Ramdani. Dari kubu PSIS, pelatih Eko Riyadi menyuntikkan Hari Nur Yulianto dan Khomaedi untuk menggantikan Julio Alcorse dan Welly Siagian.

Keluarnya Morris, membuat anak-anak Semarang mampu menguasai lini tengah. Beberapa kali, kombinasi Fagundez, Franky dan Hari Nur mengancam gawang tuan rumah. Serangan bertubi-tubi yang dilancarkan PSIS akhirnya berbuah hasil di menit 63. Tendangan bebas yang dilepaskan Fagundez berhasil ditepis Irpan dan menghasilkan sepak pojok. Dan, Hari Nur sukses menyambut umpan Fagundes lewat sundulan tanpa bisa dicegah Irpan.

Usaha tuan rumah untuk mengejar ketinggalan semakin berat setelah mereka harus bermain dengan 10 orang sejak menit 68. Gelandang Suhandi diusir wasit karena dianggap menginjak Ronald Fagundez. Unggul jumlah pemain, PSIS kembali menambah gol di menit 75. Lagi-lagi Hari Nur yang mencatatkan namanya di papan skor.

PSGC akhirnya bisa menipiskan skor di menit 84 melalui pemain pengganti Ganjar Kurniawan. Namun, skor 3-1 hanya bertahan lima menit, setelah Hari Nur sukses mengukir hattrick di pertandingan ini. PSIS pun memimpin 4-1.

Memasuki injury time, tendangan kapten PSGC Abdul Basid kembali mengubah skor menjadi 2-4, masih untuk keunggulan PSIS. Gol Basid tersebut menutup pertandingan di Stadion Galuh Ciamis.

Kemenangan ini membuat Mahesa Jenar menggeser PSGC dari posisi runner up Grup N dengan nilai lima. PSIS tertinggal dua angka dari PSS yang sukses mengalahkan tuan rumah Persiwa Wamena 0-1. (*)

SUSUNAN PEMAIN

PSGC 4-2-3-1: Irpan; Dicky Adhitia, Vincent Andhika, Dedean Surdani, Abdul Basid; Morris Power, Suhandi; Arip Budiman, Yana Mulyana, Budiawan; Erwin Ramdani

PSIS 4-2-3-1: Catur Adi; Welly Siagian, Sunar Sulaiman, Fauzan Fajri, Safrudin Tahar; Edyanto, Vidi Hasiholan; Ronald Fagundez, M Yunus, Franky Mahendra; Julio Alcorse