Home > METRO BERITA > Hari Pertama Masuk Kerja 16 PNS Pemkot Semarang Absen

Hari Pertama Masuk Kerja 16 PNS Pemkot Semarang Absen

image
Ilustrasi PNS

SEMARANG – Tim gabungan yang terdiri dari Inspektorat Kota Semarang, Badan Kepegawaian Daerah (BKD), dan instansi terkait melakukan inspeksi mendadak di seluruh SKPD di lingkungan balaikota, Gedung Pandanaran, dan SKPD lainnya di luar balaikota, Senin (4/8/2014). Sidak ini dilaksanakan untuk memantau kedisiplinan kehadiran para pegawai negeri sipil di hari pertama masuk kerja paskalibur Lebaran. Hasilnya, tercatat sedikitnya ada 16 orang pegawai yang ternyata tidak masuk kerja.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi juga menyempatkan ikut melakukan sidak yang dilakukan setelah apel bersama dan kegiatan halal bi halal di halaman balaikota ini. Di antaranya SKPD yang disidak oleh wali kota adalah Bagian Perekoniman (lantai 4), Bagian Kesra (lantai 4), dan kantor pelayanan BPPT (Badan Pelayanan Perizinan Terpadu) yang ada di lantai 1.

Sidak ini dilakukan juga di setiap SKPD (Satuan Kerja Perangkat
Daerah) untuk memastikan tidak ada PNS yang membolos. Secara umum dikatakan wali kota, pantauan kehadiran PNS penuh dan aktivitas pelayanan sudah berjalan baik.

Berdasar data dari tim sidak gabungan SKPD, tercatat 99,56% PNS Kota Semarang masuk pada hari pertama kerja ini. Dari total 3.622 yang tersebar di 61 SKPD Kota Semarang, 3606 orang hadir dan sisanya 16 orang tidak hadir. Jumlah PNS yang tidak hadir ini terdiri dari 5 PNS sakit, 6 orang PNS cuti, 3 PNS dinas luar, 2 orang ijin datang terlambat. ‘’Kebanyakan PNS yang cuti dikarenakan cuti hamil,’’ kara Kepala Inspektorat Kota Semarang, Cahyo Bintarum.

Hendrar Prihadi mengatakan, sanksi tegas kepada PNS yang melanggar aturan pun tetap akan diberlakukan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku, yakni PP No 53 Tahun 2010. Bagi PNS yang tidak masuk kerja pada hari pertama paskacuti Lebaran akan diberikan sanksi administrasi. Kecuali yang benar-benar membandel maka akan diberi sanksi yang lebih berat sesuai peraturan. (MS-13