Home > METRO BERITA > Hari Pertama Razia Pajak Kendaraan, Samsat Semarang Jaring 15 Pemotor

Hari Pertama Razia Pajak Kendaraan, Samsat Semarang Jaring 15 Pemotor

METROSEMARANG.COM – Personel Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Semarang mencokok 15 pengendara sepeda motor yang kedapatan menunggak pajak kendaraan. Hal itu terungkap saat petugas menggelar razia pajak kendaraan bermotor perdana di ruas Jalan Sriwijaya, Selasa (27/9).

Kepala UP3AD Samsat III Puji Astuti Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Kepala UP3AD Samsat III Puji Astuti
Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Belasan kendaraan yang terkena tilang itu lalu digiring masuk ke halaman taman Wonderia yang dijadikan lokasi penertiban pajak motor oleh Polantas Polrestabes Semarang.

Kepala Unit Pelayanan Pendapatan dan Pembayaran Aset Daerah (UP3AD) Samsat III Puji Astuti, mengatakan sebenarnya ada 47 motor yang tertangkap tangan oleh polisi. Tapi, kata Puji hanya 15 motor yang ketahuan menunggak pajak.

Ia pun mengaku langsung meminta kepada tiap pemilik motor untuk meneken surat pernyataan bahwa kapan yang bersangkutan membayar pajak. Bagi yang tak bisa melunasi pajak kendaraan bermotornya (PKB), maka diminta meninggalkan nomor telepon.

“Akan ditelepon jika nanti melanggar kesepakatan,” akunya.

Ia juga menyatakan hasil tilang pajak itu, pihaknya baru mendapat penerimaan PKB sebesar Rp 3.011.045. Diakuinya jumlah itu jauh di bawah targetnya yaitu senilai Rp 229,1 miliar.

Ia berharap adanya razia pajak motor pagi tadi mampu memacu kesadaran wajib pajak untuk segera memenuhi kewajibannya. Razia pajak bersama Polantas ini bakal digeber lagi Rabu besok di depan RRI Semarang Jalan Ahmad Yani dan akan dilakukan terus sampai akhir Desember nanti. (far)