Home > METRO BERITA > Sosialita > Haryadi Prasetyo: Rela “Begadang” Demi Desa Wisata

Haryadi Prasetyo: Rela “Begadang” Demi Desa Wisata

image
Haryadi Prasetyo. Foto: Metro Semarang/Ade Lukmono

Menjadi Kepala Seksi Hiburan dan Rekreasi Bidang Pembinaan Industri Pariwisata, tidak menghalangi Haryadi Dwi Prasetyo untuk melakukan hal besar lainnya. Terlebih, hal besar tersebut masih satu lingkup dengan instansi tempatnya bekerja, yaitu pengembangan budaya dan pariwisata.

Setiap malam, dia menyempatkan waktu istirahatnya untuk membantu mengembangkan desa-desa wisata yang ada di Semarang. “Saya biasanya stand by di desa wisata mulai pukul 21.00 sampai 03.00 dini hari untuk memberi pelatihan kesenian,” terang dia.

Tujuannya adalah ingin memaksimalkam sumber daya manusia dan memajukan desa wisata yang ada di Semarang. Desa wisata diharapkan akan mampu menampilkan atraksi wisata, kuliner khas dan kearifan lokal yang dimiliki desa tersebut.

Dia juga membekali anak-anak untuk lebih mewarisi tarian tradisional dengan mendirikan Sanggar Tanah Air. Terdapat kurikulum yang disuguhkan kepada anak didik agar prosesi pengajaran tari tradisional lebih maksimal. “Kalau tidak anak-anak yang mewarisi budaya leluhur, saya takut nantinya tarian tradisional akan lenyap,” kata dia.

Tak hanya skala regional Semarang, Haryadi juga eksis di skala internasional. “Saya bersama Sekar Budaya Nusantara sudah mendokumentasi beberapa karya dalam bentuk film. Karya-karya kami sudah diputar di Amerika, Belanda, India dan lain-lain,” ungkapnya. (ade)