Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Hati-Hati Ngobrol dengan Kolega Baru

Hati-Hati Ngobrol dengan Kolega Baru

Ilustrasi
Ilustrasi
SEGALA hal yang berkaitan dengan pekerjaan harus dilakukan dengan amat hati-hati, termasuk saat berkenalan dengan orang baru yang berhubungan dengan pekerjaan kita.
Salah satu cara yang pas untuk berkenalan adalah dengan ngobrol. Nah agar obrolan tidak ngalor ngidul dan menimbulkan hal-hal negatif yang berdampak pada pekerjaan kita, ada baiknya kita mengikuti panduan berikut ini :
1. Jangan menggosip
Saat berkenalan dengan orang baru, tahanlah diri Anda untuk tidak membicarakan orang lain. Begitupun jika lawan bicara Anda yang memulainya. Usahakan untuk tidak terpancing. Menggosip dengan orang yang baru Anda kenal dapat membuat citra Anda tampak negatif bagi orang lain yang mengetahui.
2. Jangan mendominasi pembicaraan
Usahakan untuk berbicara sesuai porsi, tidak berlebihan maupun terlalu sedikit. Berbicara terlalu banyak akan membuat lawan bicara Anda tidak nyaman dan bosan, sedangkan cara terlalu sedikit akan membuat Anda tampak tidak antusias pada pembicaraan. Berbicara secukupnya, tunjukkan antusiasme Anda seperlunya.
3. Hindari humor tentang seks
Humor tentang seks mungkin akan membuat lawan bicara Anda tertawa, tapi di saat yang sama, dia akan melihat seperti apa citra the Anda. Jangan rendahkan martabat Anda dengan lelucon murahan.
4. Tidak menginterupsi
Jika Anda ingin jadi pribadi dan teman bicara yang menyenangkan, berilah kesempatan kepada lawan bicara untuk menyelesaikan apa yang ingin dikatakannya.
5. Luweskan sudut pandang
Setiap orang pasti memiliki pandangan yang berbeda satu dengan yang lainnya. Maka bukalah diri Anda terhadap perbedaan pandangan maupun cara berpikir orang lain. Ungkapkan pemikiran Anda tanpa kesan memusuhi, menyerang, maupun membela diri. (ren)