Home > METRO BERITA > GADGET & TEKNO > Hati-hati, Smartphone Berkamera Resolusi Tinggi Mudah Dibajak

Hati-hati, Smartphone Berkamera Resolusi Tinggi Mudah Dibajak

kamera resolusi tinggi

SAAT ini sedang marak-maraknya foto selfie. Mulai dari anak sekolah hingga Presiden AS, Barack Obama, pun doyan selfie. Melihat peluang ini, para produsen kamera pun saling adu memproduksi gadget dengan resolusi kamera yang tinggi.

Namun berdasarkan temuan para peneliti dari Technical University Berlin dan Telekom Innovation Laboratories, menunjukkan bahwa tingginya resolusi kamera gadget berbanding lurus dengan risiko keamanan privasi bagi pengguna gadget tersebut. Sebab, makin detail sebuah gambar, refleksi layar atau sidik jari di mata maupun kacamata pengguna, para hacker pun akan dapat dengan mudah menyalahgunakan akun Anda.

Pada penelitian tersebut, para ilmuwan  menggunakan smartphone Oppo N1 berkamera swivel 13 Megapixel. Dengan menggunakan bantuan aplikasi khusus mereka mampu mengakses kamera jarak jauh dan menangkap refleksi layar di mata para pengguna smartphone. Hasil pengujian yang lebih baik tercatat dari pengguna berkacamata. Para ilmuwan tersebut dapat merekam key entri yang dibuat pada layar sentuh, misalnya saat memasukkan password atau informasi pribadi lainnya.

Bahkan, dengan mengontrol kamera belakang yang memiliki resolusi lebih tinggi, tim peneliti mampu menangkap informasi sidik jari pengguna smartphone yang dapat digunakan untuk memotong kontrol biometrik. Hasil lengkap penelitian tersebut akan tersaji di Workshop on Offensive Technologies (WOOT) di San Diego pada bulan Agustus mendatang.

Sembari menunggu hasil penelitiannya, jangan lupa setting ulang privasi gadgetnya ya guys! (ren)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link