Home > METRO BERITA > Hendi akan Adopsi Sistem LRT Singapura pada Trans Semarang

Hendi akan Adopsi Sistem LRT Singapura pada Trans Semarang

METROSEMARANG.COM – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi berencana mengadopsi sistem Light Rail Transit (LRT) di Singapura untuk diterapkan di Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang. Sistem tersebut adalah sistem pemberitahuan otomatis ketika armada sudah mendekati shelter.

Bus double deck yang beroperasi di Singapura. Foto: metrosemarang.com

‘’Sistem tersebut berjalan dengan sarana Global Positioning System (GPS), sehingga dapat secara otomatis mengetahui posisi armada dan shelter mana yang menjadi pemberhentian berikutnya’’, kata wali kota, Minggu (8/1).

Dengan sistem ini harapannya dapat sebagai pemandu masyarakat yang naik Trans Semarang sehingga bertambah nyaman. Sebelumnya untuk menarik minat masyarakat naik Tans Semarang pemkot juga memasang klakson telolet di armada Trans Semarang.

Menurut Hendi, panggilan akrabnya, sistem pemberitahun melalui GPS ini akan diterapkan pada 20 armada baru Trans Semarang. Yang dijadwalkan akan diluncurkannya pada tanggal 12 Januari 2016 untuk koridor 1 Mangkang – Penggaron.

Sedangkan di bulan Februari nanti, Hendi juga menargetkan pengoperasian dua koridor baru Trans Semarang menjadi 6 koridor. Setelah saat ini Trans Semarang sudah memiliki 4 koridor yaitu Mangkang – Penggaron (koridor I), Terboyo – Sisemut (koridor III), Pelabuhan –Akpol (koridor II), dan Terminal Cangkiran – Stasiun Tawang (koridor IV).

Sedangkan untuk penambahan 2 koridor tersebut akan beroperasi pada jalur PRPP – Dinar Mas dan Universitas Diponegoro – Universitas Negeri Semarang. (duh)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link