Home > METRO BERITA > Hendi Bangga Kesenian Wayang Dicintai Anak Muda Semarang

Hendi Bangga Kesenian Wayang Dicintai Anak Muda Semarang

METROSEMARANG.COM – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengaku kagum dengan antusiasme siswa SMP Kristen YSKI terhadap kesenian wayang. Menurutnya, fakta tersebut menjadi sinyal positif untuk perkembangan seni dan budaya di Semarang.

Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Hendi, sapaan wali kota, hadir dalam kegiatan ‘Wayang for Student’ yang diinisiasi Dewan Kesenian Semarang (Dekase), Jumat (16/9). Pertunjukan ini dikemas dalam bentuk wayang cinema, sebuah perpaduan teknologi audio visual dengan seni pertunjukkan wayang.

“Kalau saya nonton wayang, pasti penontonnya sudah tua-tua, tapi ini masih muda-muda sekali. Ini tentu saja sangat membanggakan” kata Hendi sambil tersenyum.

Dia menambahkan, Pemerintah Kota Semarang sangat mendukung kegiatan untuk melestarikan budaya lokal. Bahkan, kata dia, setiap bulan sekali selalu ada pertunjukan wayang keliling di kecamatan. “Sudah saatnya generasi muda ikut melestarikan budaya. Kalau bukan kita siapa lagi,” cetusnya.

Koordinator acara, Arin Dwi Martini memaparkan, ‘Wayang for Student’ merupakan wujud kerinduan pada wayang yang diaplikasikan dalam program pendidikan agar bisa masuk ke sekolah. SMP Kristen YSKI menjadi salah satu dari lima sekolah yang diamanati menjadi tuan rumah Wayang for Student di Semarang.

“Sekolah kita juga ada misi budaya yang diwujudkan dengan banyaknya ekskul budaya, tapi kemudian ada even Wayang for Student. Jadi kami sangat senang bisa berpartisipasi dalam misi pelestarian budaya ini,” terang Arin. (vit)