Home > METRO BERITA > Hendi: Kelurahan Jatirejo Kecil Tapi Cabe Rawit

Hendi: Kelurahan Jatirejo Kecil Tapi Cabe Rawit

METROSEMARANG.COM – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menilai Kelurahan Jatirejo Kecamatan Gunungpati merupakan kelurahan yang kecil tetapi cabe rawit. Karena memiliki berbagai macam potensi unggulan. Di antaranya sebagai sentra penghasil durian dan kolang kaling.

Wali Kota Hendrar Prihadi melakukan dialog dengan warga Kalurahan Jatirejo, Gunungpati, Kamis (22/12). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Potensi unggulan itu diharapkan bisa dijaga dan dipertahankan. Hendi, panggilan akrab wali kota, juga mengapresiasi gotong royong di kelurahan ini. Diharapkan tahun depan kelurahan ini bisa ditunjuk sebagai Kampung Tematik.

”Kampung tematik tujuannya supaya Kota Semarang punya Kampung Hebat yang tidak kumuh. Jalan harus bagus, cat harus warna-warni, agar keliatan rapi dan bagus. Rumah-rumah harus ijo royo-royo dengan pot-pot tanaman yang bagus,” kata Hendi, saat meninjau Kelurahan Jatirejo, Kamis (22/12).

Hendi juga memerintahkan kekuatan unggulan kelurahan ini harus ditonjolkan misalnya sentra kolang-kaling. Bisa koordinasi dengan Dinas Koperasi dan UMKN karena ada bantuan UMKM dengan bunga hanya 3% per tahun. Harapannya kolang-kaling dapat membantu pemberdayaan ekonomi warga.

Wali Kota Hendrar Prihadi melihat kolang-kaling salah satu unggulan masyarakat Kelurahan Jatirejo, Gunungpati, Kamis (22/12). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Ditambahkan, untuk progam kampung tematik, akan dibantu dengan progam Arsitek Masuk Kampung. Masing-masing kelurahan akan turun dua design yang bisa dimanfaatkan maksimal agar kampung menjadi lebih baik.

Dalam kesempatan ini, juga digunakan warga Jatirejo untuk menyampaikan keluhannya langsung kepada orang nomer satu di Kota Semarang. Ketua RW 1 Budi Prihatin, menyatakan bahwa jalan tembus ke Kelurahan Kandri kondisinya sudah membahayakan warga. Sehingga menyulitkan warga jika akan ke Kota Semarang. ”Mohon agar bisa dibangun total jembatan penghubungan tersebut,” katanya.

Hendi menjawab, bahwa jalan tembus tersebut akan diberikan lampu penerangan. Sedangkan jembatan penghubung antara Jatirejo dan Kandri akan dianggarkan di tahun 2017. Jalan dan jembatan akan diperbaiki dan dibuat lebih lebar. (duh)