Home > METRO BERITA > Hendi Minta Pedagang Pasar Tiban di Peterongan Ditertibkan

Hendi Minta Pedagang Pasar Tiban di Peterongan Ditertibkan

METROSEMARANG.COM – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi langsung meninjau kawasan Pasar Peterongan karena adanya banyak persoalan yang dikeluhan masyarakat sekitar, Kamis (8/12). Antara lain adanya bau dari saluran drainase, lalu lintas yang semrawaut karena keberadan pedagang di bahu jalan, dan parkir liar.

Pedagang Pasar Peterongan. Foto: metrosemarang.com/dok

Hendi, begitu biasanya wali kota disapa, dalam tinjauannya didampingi Kepala Dinas Bina Marga, Iswar Aminnudin dan Kepala Dinas Pasar, Tridjoto Sardjoko. Dia meninjau lokasi pasar dan menemui beberapa pedagang untuk beraudiensi dan menanyakan kondisi yang dirasakannya di pasar.

Kepada wartawan, Hendi mengungkapkan hingga saat ini banyak sekali komplain dari warga masyarakat yang masuk kepadanya tentang kondisi Pasar Peterongan. Persoalan tersebut harus segera diselesaikan.

”Banyak sekali komplain bahwa wilayahnya jadi jorok dan bau karena banyak pedagang pasar tiban yang tidak dikontrol oleh pemerintah. Saya tinjau memang kondisinya luar biasa semrawut, baik arus lalu lintas, jalannya menyempit, pedagangnya (yang di bahu jalan, red) juga sembrono meski mereka sudah janji jam 6 pagi bersih, tapi kenyataannya jam 7 masih banyak aktifitas jual beli, ini jelas meresahkan masyarakat,” terangnya.

Dia mengatakan, pihaknya telah menyampaikan ke dinas terkait untuk dibuat kajian langkah penanganan yang paling tepat. Apa sekadar penegakan aturan jam 6 pagi jalan harus bersih dari pedagang, atau dibuat skema lain misalnya jalan dilebarkan atau lainnya.

”Tahun ini harus dilakukan kajian-kajian kemudian di 2018 baru akan ada action untuk mengatasi persoalan ini,” katanya.

Sementara Trijoto Sardjoko mengatakan, pedagang yang berada di bahu jalan akan dikaji untuk coba dicarikan lahan baru untuk berjualan. Pedagang sudah menyampaikan permintaannya agar dicarikan lokasi yang tidak jauh dari Pasar Peterongan. (duh)