Home > METRO BERITA > Hendi Minta Warganya Lebih Waspada Bencana

Hendi Minta Warganya Lebih Waspada Bencana

METROSEMARANG.COM – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menjadi pembina apel dalam Apel Siaga Menghadapi Bencana di Kota Semarang 2016/2017. Dia berpesan agar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan masyarakat lebih waspada mengingat banyaknya bencana beberapa waktu belakangan di Kota Semarang.

Hendrar Prihadi memeriksa kendaraan tanggap bencana di Balai Kota Semarang, Jumat (21/10). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Hendrar Prihadi memeriksa kendaraan tanggap bencana di Balai Kota Semarang, Jumat (21/10). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Dikatakannya, ada beberapa bencana yang paling sering terjadi di Kota Semarang yang memiliki topografi pantai, dataran rendah dan dataran tinggi. “Terutama pada musim penghujan seperti ini, kita harus berjaga-jaga pada banjir untuk wilayah bawah dan tanah longsor untuk wilayah atas,” kata dia, Jumat (21/10).

Menurut data yang dihimpun Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, dalam satu tahun terakhir sudah terjadi banjir sebanyak 27 kali, puting beliung satu kali, 36 kejadian kebakaran, sedangkan tanah longsor terjadi 30 kali.

“Untuk tanah longsor, kemarin kita kehilangan dua warga yang tertimpa. Ini tentunya menjadi perhatian kita bersama agar lebih waspada,” tambahnya.

Selain itu, pohon tumbang yang juga merenggut korban jiwa menjadi perhatian Hendrar Prihadi. Dia meminta agar Dinas PJPR dan Dinas Pertamanan untuk secara berkala memeriksa pohon-pohon yang ada di Kota Semarang. (ade)