Home > METRO BERITA > Hendi Tegaskan Embung jadi Alternatif Penangkal Banjir

Hendi Tegaskan Embung jadi Alternatif Penangkal Banjir

METROSEMARANG.COM – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyatakan pembuatan embung merupakan salah satu alternatif untuk bisa menangkap air di wilayah atas. Sekaligus mengurangi air turun ke bawah secara massif.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi
Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Hal itu disampaikannya menanggapi saran anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang agar pemkot memperbanyak pembangunan embung di daerah Semarang atas untuk mengendalikan potensi banjir.

Dengan pembuatan embung, lanjut Hendi, sapaan akrab wali kota, harapannya tidak terjadi banjir. Justeru bisa sebagai simpanan air untuk masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah atas.

‘’Kami setuju dengan konsep (pembangunan embung) itu, kita sudah lakukan itu. Misalnya Undip dengan embungnya di komplek areanya, kemudian Unnes dengan embungnya juga di komplek areanya,” terangnya.

Pemkot juga sudah membuat Waduk Jatibarang yang merupakan tangkapan air juga. Kemudian di Kecamatan Mijen juga ada embung tadah hujan, begitu pula di kawasan Bukit Semarang Baru (BSB) juga ada embung.

‘’Kita akan dorong hal-hal seperti itu untuk mencegah banjir. Dengan konsep setitik air itu sangat berharga. Embung menjadi program prioritas yang sudah dianggarkan oleh SKPD,’’ tandasnya. (duh)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link