Home > METRO BERITA > Hore! Mulai 2017 Warga Miskin Semarang Gratis Berobat di Rumah Sakit

Hore! Mulai 2017 Warga Miskin Semarang Gratis Berobat di Rumah Sakit

METROSEMARANG.COM – Kabar gembira bagi warga miskin di Kota Semarang. Seluruh warga miskin yang berlum tercover Jaminan Kesehatan Masyarakat Kota (Jamkesmaskot) maupun Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) tetap bakal menerima layanan kesehatan gratis di rumah sakit.

Ilustrasi  Foto: metrosemarang.com/dok
Ilustrasi. Pembagian paket sembako murah untuk warga miskin Tambaklorok. Foto: metrosemarang.com/dok

Mereka akan dimasukkan menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari APBD Kota Semarang. Dengan demikian, mereka akan mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis di kelas tiga di rumah sakit mitra BPJS.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Semarang, Anang Budi Utomo mengatakan, program ini akan berjalan mulai tahun 2017. Warga miskin yang akan menjadi peserta BPJS Kesehatan sebanyak 136 ribu jiwa. Khusus bagi yang belum masuk menjadi peserta Jamkesmaskot dan Jamkesda.

Sebelum pemprosesan menjadi peserta BPJS Kesehatan, nantinya akan dilakukan kajian terlebih dahulu. Supaya warga Semarang yang rawan miskin dan orang miskin baru juga tetap tercover. Karena itu pemprosesan menjadi peserta BPJS Kesehatan dilakukan bertahap atau langsung belum ditentukan.

‘’Untuk biaya kami akan menganggarkan di APBD Murni 2017. Ini juga mendukung program pemerintah pusat yang mentargetkan di 2019 seluruh warganya jadi peserta BPJS,’’ kata Anang BU, usai rapat Komisi D bersama BPJS Kesehatan Cabang Semarang di Gedung DPRD Kota Semarang, Selasa (8/11). Acara ini juga dihadiri 21 rumah sakit mitra BPJS.

Sebelum program ini dijalankan, pihaknya juga ingin memastikan rumah sakit mitra sudah nyaman dengan model pembiayaan BPJS. Karena itu seluruh rumah sakit mitra BPJS diundang. Nantinya juga diharapkan ada forum komunikasi antara BPJS dan rumah sakit mitra agar tidak saling menyalahkan. (duh)