Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Hujan Petir bakal Terjang Lereng Sumbing

Hujan Petir bakal Terjang Lereng Sumbing

METROSEMARANG.COM – Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang menyatakan curah hujan dengan intensitas ringan dan sedang mulai Kamis (13/10) siang sampai awal malam bakal terjadi secara bervariasi di wilayah Jawa Tengah.

Lereng Gunung Sumbing berpotensi diguyur hujan disertai petir pada Kamis (13/10). Foto: metrojateng
Lereng Gunung Sumbing berpotensi diguyur hujan disertai petir pada Kamis (13/10). Foto: metrojateng

Namun, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan disertai angin kencang dan petir nanti justru berpotensi muncul mulai dari bentang wilayah Pantura Tengah, timur, Wonosobo, Banjarnegara, Temanggung, Purwokerto dan sekitarnya saat mulai beranjak siang.

“Jadi mulai siang sampai sore daerah-daerah itu akan dilanda hujan lebat disertai petir,” kata Yoga Sambodo, seorang analis cuaca di Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, kepada metrosemarang.com.

Anomali cuaca itu, kata dia, telah mempengaruhi tinggi gelombang Laut Jawa yang bergerak naik sampai 1 meter untuk hari ini. Sementara tinggi ombak Laut Selatan cenderung menurun 2,5 meter.

Untuk di Semarang, pagi ini langit cerah berawan tapi saat beranjak siang akan sedikit diguyur hujan ringan. Kecepatan angin tenggara menuju barat daya hari ini hanya 10-25 kilometer per jam. Sedangkan suhu udaranya 27-33 derajat dengan tingkat kelembaban udaranya 60-90 derajat. (far)