Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > IBI Tegaskan Pentingnya Aspek Holistik dalam Penanganan Pasien

IBI Tegaskan Pentingnya Aspek Holistik dalam Penanganan Pasien

METROSEMARANG.COM – Wakil ketua II Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Jawa Tengah, Runjati, M.Mid menegaskan pentingnya asuhan kebidanan dari segi holistik (menyeluruh). Menurutnya potensi pasien saat ini tidak bisa hanya dilihat dari segi fisik saja tapi juga segi holistik.

Wakil ketua II Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Jawa Tengah, Runjati, M.Mid (tengah). Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Hal ini disampaikan saat memberikan materi seminar di hadapan 1.500 mahasiswa di Auditorium Universitas Semarang, Sabtu (24/12). Selama ini kata dia, para bidan memang fokus pada penanganan fisik dari pasien, sehingga tidak jarang bidan kurang memperhatikan aspek lain yang juga penting.

Hal ini bukan berarti para bidan abai karena meskipun aspek holistik juga terdapat dalam kurikulum pendidikan, tetapi pada jenjang D3 dan D4 mahasiswa memang hanya diberikan pengetahuan tentang inti dan tugas seorang bidan saja. Dalam artian hanya fokus pada masalah fisiknya.

“Memang aspek holistik ini diajarkan pada jenjang yang lebih tinggi semisal S2,” imbuhnya yang juga menjabat sebagai Ketua Jurusan Kebidanan Poltekkes Semarang.

Meski demikian, menurutnya mahasiswa semester awal sebenarnya harus mulai dikenalkan dengan aspek holistik. Hal tersebut lantaran untuk merawat seorang pasien tidak cukup dengan melihat fisiknya saja, tapi juga kondisi psikologis, sosial, termasuk spiritual pasien. Aspek-aspek itulah yang dibahas dalam bidang holistik.

Bidang ini juga mengajarkan para tenaga medis tentang coping skill atau kemampuan menanggulangi permasalahan seperti stres. Riset menunjukkan dengan memperhatikan bidang holistik terbukti memberikan kepuasan lebih dan manfaat pada pasien.

“Tubuh itu satu kesatuan, kalau hanya satu yang dilihat (fisiknya) maka akan timpang,” tandasnya. (vit)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link