Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > ICDF Fasilitasi Kerjasama Fakultas Teknik Undip dan Taiwan

ICDF Fasilitasi Kerjasama Fakultas Teknik Undip dan Taiwan

undipp

SEMARANG – Fakultas Teknik Universitas Diponegoro menjajaki kerjasama dengan universitas di Taiwan. Proses kerjasama ini difasilitasi oleh International Cooperations and Development Fund (ICDF) melalui Seminar on Taiwan Cooperations and Cross Strait Relations, Selasa (2/12).

Seminar yang berlangsung di Gedung Aula A.101 Teknik Sipil Fakultas Teknik Undip tersebut juga menghadirkan perwakilan Kadin Jateng, Taiwan Alumni Assosiation, Representative of Taiwan and Trade Office in Indonesia, dan Chairman Taiwan Technical Mission.

Dekan FT Undip Ir Bambang Pudjianto, MT mengatakan, melalui seminar tersebut diharapkan bisa terjalin kerjasama yang lebih luas dengan Taiwan. “Saat ini Undip sudah memiliki kerjasama dengan Taiwan dalam bidang pendidikan yaitu dengan Nasional Taiwan University of Science and Technology (NTUST). Ke depan, kami berharap bisa menjalin kerjasama tidak hanya di bidang pendidikan saja, melainkan di bidang lain yang relevan,” katanya.

Sementara, Ketua ICDF Indonesia Arif Misbahul MBM menambahkan, seminar ini merupakan langkah awal untuk membuka komunikasi antara Undip dan Taiwan. “Intinya agar bisa salng mengenal dan menggali potensi masing-masing untuk mengembangkan kerjasama. Kami juga bermaksud memberikan informasi kepada Dosen dan Mahasiswa cara mendapatkan beasiswa untuk bisa belajar di Taiwan,” tutur Alumni Taiwan ini.

Sebagai alumni yang mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Taiwanm, Arif mengatakan bahwa Universitas di Taiwan memiliki kualitas yang baik dengan biaya hidup yang lebih terjangkau. “Pada tahun 2008, jumlah publikasi penelitian di Taiwan menempati peringkat 17 di dunia menurut Science Citation Index (SCI) dan peringkat ke-15 dunia Sosial Science Citation Index (SSCI) berdasarkan laporan Institute for Scientific Information (ISI),” imbuhnya.

Hadir sebagai keynote speeker yaitu Representative of Taiwan and Trade Office in Indonesia, HE Chang Liang Jen dan pembicara Chairman of Taiwan Technical Mission, Lin Yen Jen serta Dr. Ika Riswanti, Dosen Hubungan International FISIP Undip. (MS-06)