Home > METRO BERITA > Idap Skizofrenia, Penghina Nabi Muhammad Diisolasi di RSJ

Idap Skizofrenia, Penghina Nabi Muhammad Diisolasi di RSJ

METROSEMARANG.COM – Pihak Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr Amino Gondohutomo Semarang, memasukan Ahmad Fauzi ke ruang isolasi di kompleks Gedung UPIP untuk melakukan observasi mengenai penyakit skizofrenia yang diderita penulis buku Agama Skizofrenia tersebut.

Buku kontroversial karya Ahmad Fauzi
Buku kontroversial karya Ahmad Fauzi

Pada hari ini, Selasa (13/9), tim psikiater telah merampungkan proses observasi terhadap Fauzi. Keesokan harinya, tim psikiater bakal mempublikasikan jurnal rekam medis untuk menunjukkan apakah gangguan kejiwaan yang diderita Fauzi dapat dipertanggungjawabkan ke ranah hukum ihwal isi bukunya yang melecehkan ajaran Islam.

“Observasi sudah berakhir hari ini dan jam 09.00 WIB besok akan digelar jurnal rekam medis untuk mempresentasikan hasil tim medis RSJ sekaligus keluarganya akan memaparkan pendapat mereka,” ungkap Zaenal Arifin, kuasa hukum Fauzi saat ditemui di RSJ Dr Amino Gondohutomo, Selasa (13/9) sore.

Ia yang jadi Direktur LBH Semarang juga akan mendampingi Fauzi untuk mengawal hak-haknya yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Jateng. Sejauh ini, ia pun menegaskan bahwa Fauzi belum divonis gila dan keberadaannya yang diisolasi di RSJ dalam tahap kepentingan penyelidikan.

Sementara itu, anggota Komunitas Pegiat Sejarah Yunantyo Adi menerangkan bila kondisi Fauzi kini tidak nyaman berada di ruang isolasi. Fauzi, katanya merupakan penulis kontroversial yang mengidap skizofrenia sejak 1998 silam.

Akibatnya, Fauzi kerap mengonsumsi obat penenang hingga saat ini. “Dan ternyata selama di RSJ, dia tidak diberi obat sama sekali sehingga membuatnya kurang tidur dan tidak nyaman bertatap muka dengan saya dan teman-teman yang lain,” ujarnya. (far)