Home > METRO BERITA > Sosialita > Ie Adiono Istianto: Jadi Langganan Acara Kirab Gara-gara Barongsai

Ie Adiono Istianto: Jadi Langganan Acara Kirab Gara-gara Barongsai

image
Ie Adiono Istianto (foto: Metro Semarang/Ade Lukmono)

Setiap tahun baru Imlek, Grup Barongsai Tri Suci, yang digawangi oleh Ie Adiono Istianto, selalu andil untuk memeriahkannya. Tak hanya itu, mereka juga langganan untuk memeriahkan kirab yang diadakan pemerintah maupun penyelenggara.

Kecintaan Adiono terhadap seni Barongsai merupakan warisan dari sang ayah yang telah tiada. Namun, Adiono tetap menghidupkan semangat ayahnya untuk tetap memelihara kebudayaan ini. “Sekarang ini, di rumah ada lima Barongsai, satu Gedawangan dan dua naga,” kata dia.

Menurutnya, Barongsai tidak hanya kebudayaan, melainkan kesenian sekaligus olahraga. Sampai saat ini, dia mengayomi 60 anggotanya yang terdiri dari anak-anak SD sampa dewasa untuk menjaga tradisi nenek moyang.

Mahasiswa semester lima Unisbank Semarang ini menyayangkan, banyak anak muda yang kurang peduli pada kebudayaan. Padahal, kebudayaan bisa menjadi daya tarik tersendiri, terutama daya tarik wisata.

Oleh karena itu, pemuda berusia 21 tahun tersebut, akan tetap kukuh mencintai Barongsai. Karena kegigihannya tersebut, kadang dia diundang penyelenggara dari luar kota. “Tiap tahun kami menjadi langganan untuk memeriahkan acara sebuah Rumah Sakit di Demak,” kata Adiono. (ade)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link