Home > METRO BERITA > Ikut Aksi 112, Ribuan Anggota FPI Jateng Bertolak ke Jakarta

Ikut Aksi 112, Ribuan Anggota FPI Jateng Bertolak ke Jakarta

METROSEMARANG.COM – Ribuan anggota laskar Front Pembela Islam (FPI) Jawa Tengah, Jumat (10/2) pagi, mulai bertolak ke Jakarta untuk mengikuti aksi damai 11 Februari (112) atau tepat menjelang pemilihan kepala daerah DKI Jakarta.

Ilustrasi
Foto: metrosemarang.com/dok

“Jumlahnya ribuan orang, kita tidak mau menyebut spesifik agar kejadian demo 212 yang banyak dicegat polisi, tidak terulang kembali,” ungkap Ketua Tim Advokasi FPI Jateng, Zaenal Abidin Petir.

Aksi damai 112 akan dimanfaatkan untuk menyikapi kegaduhan politik akibat kasus penistaan agama yang dilakukan Gubernur Nonaktif DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Karena itulah, mobilisasi massa dimulai dari Kota Solo, lalu secara serentak diikuti Kota Semarang, Tegal, Rembang, Banyumas, Purwokerto, Pekalongan, Kendal, Boyolali, Sukoharjo.

“Sebagian sudah berangkat naik kereta, pesawat dan mobil. Untuk hari ini, sisanya baru berangkat, kita ingin menyatukan visi umat Islam sekaligus menyikapi kegaduhan politik yang terjadi saat ini,” jelas Zaenal.

Ribuan anggota FPI saat ini telah menyewa 250 kendaraan pribadi. Pola mobilisasi massa cenderung berbeda dengan unjukrasa 212. Bila tahun lalu pengerahan massa dilakukan terbuka, maka saat ini lebih tertutup dan senyap.

Selain FPI, masih ada perwakilan ormas lainnya yang bergabung untuk aksi damai di Jakarta nanti.

Ia menampik tuduhan polisi jika aksi 112 merupakan sesuatu yang melanggar hukum. Karena, ia berpendapat tanggal 11 merupakan hari terakhir berkampanye sebelum memasuki masa tenang pada 12-14 Februari. (far)

Tinggalkan Balasan