ILKOM USM Bekali Siswa SMK N 1 Cara Buat Mading dengan Infografis

METROSEMARANG.COM – Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (ILKOM USM) mengajak Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMK N 1 Semarang untuk lebih kreatif lagi dalam mengemas informasi yang akan ditampilkan dalam Mading. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam pengelolaan informasi.

ILKOM USM bekali OSIS SMK N 1 Semarang mengemas Mading yang lebih menarik dengan memberikan infografis. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Pemilihan materi “Penyusunan Infografis” dilakukan dengan pertimbangan bahwa minat baca masyarakat Indonesia saat ini belum tinggi, sehingga harus dicari cara agar informasi yang perlu disampaikan dapat diterima khalayak sasaran dengan tepat.

“Penggunaan gambar dalam infografis jalas akan banyak membantu bagaimana informasi akan tersampaikan dengan cepat dan tepat, mengingat gambar bisa menyampaikan beribu kata,” tutur Ketua Tim Pengabdian sekaligus Dosen Program Studi S1 Ilmu Komunikasi USM, Errika Dwi S.W, Senin (29/1).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam sehari, selama enam jam dengan dibagi menjadi dua sesi materi. Kegiatan ini sangat memungkinkan untuk digelar dengan sasaran yang berbeda, agar ilmu dan ketrampilan yang diberikan bisa tersebar ke lebih banyak masyarakat.

Ketua Program Studi S1 Ilmu Komunikasi USM, Fajriannoor Fanani menambahkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat seperti ini dilakukan agar fungsi pendidikan tinggi bisa dirasakan juga di masyarakat luas dan turut aktif mengembangkan dan meningkatkan kualitas masyarakat. (ade)