Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > Impor Tinggi, BI Tingkatkan Kualitas Bawang Lokal

Impor Tinggi, BI Tingkatkan Kualitas Bawang Lokal

METROSEMARANG.COM – Konsumsi bawang putih impor yang cukup tinggi, yakni mencapai 45 persen dari seluruh konsumsi bawang di Indonesia, membuat Bank Indonesia berusaha meningkatkan kualitas bawang lokal. Hal ini juga merupakan upaya demi terjaganya inflasi.

Ilustrasi  Foto: metrosemarang.com/dok
Ilustrasi
Foto: metrosemarang.com/dok

Deputi Direktur Departemen Pengembangan UMKM Bank Indonesia, Winny Purwanti mengatakan, konsumsi bawang tersebut dikarenakan kualitas bawang impor dari Tiongkok yang sangat baik sehingga menggeser bawang lokal.

“Kami telah bekerjasama dengan beberapa petani di wilayah Jawa Tengah untuk mengembangkan bibit bawang yang unggul. Karakteristik orang Indonesia menyukai bawang yang berukuran besar dan rasa serta aroma yang kuat. Itu yang sedang kami budidayakan,” ungkapnya, Senin (3/10).

Perhatian Bank Indonesia terhadap bawang putih bukan tanpa alasan. Bawang merupakan satu dari beberapa komoditas konsumsi yang bisa mempengaruhi inflasi selain beras, bawang merah dan cabai. Dengan menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok tersebut, diharapkan inflasi bisa dikendalikan. (ade)