Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Ingin Bugar saat Puasa? Hindari ‘Pantangan’ Ini

Ingin Bugar saat Puasa? Hindari ‘Pantangan’ Ini

METROSEMARANG.COM – Kewajiban berpuasa di bulan Ramadan tidak lantas harus membuat kita lemas sepanjang hari. Dengan pola makan yang pas dan menghindari aneka ‘pantangan’ ini, kebugaran tubuh masih tetap terjaga meski menahan lapar dan dahaga.

Sosialisasi kesehatan di RSI Sultan Agung. Foto: istimewa

Dokter spesialis penyakit dalam RSI Sultan Agung, Erwin Budi Cahyono mengatakan, ada beberapa hal kebiasaan yang sebenarnya kurang baik jika diterapkan selama puasa. Hal tersebut diungkap dalam kegiatan sosialisasi kesehatan “Sehat menyambut bulan suci”, baru-baru ini.

Inilah membiasakan buruk itu:

Pertama, saat sahur, banyak dari sebagian kita yang mengkonsumsi kopi supaya tidak mengantuk. Padahal jenis minuman kopi dan teh bisa memicu rasa haus. “Dua jenis minuman tadi membuat metabolisme berjalan cepat sehingga cepat mendatangkan rasa haus meski tidak sampai menimbulkan dehidrasi” ujarnya.

Kedua, ketika berpuasa seseorang cenderung untuk minum es. Kebiasaan inipun, kata Erwin juga sebaiknya dihindari. “Minuman dingin atau es memudahkan Anda kenyang. Sehingga membuat asupan makanan bergizi tidak lengkap dan tidak bisa masuk ke dalam tubuh.” lanjutnya.

Ketiga, mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula atau manis. “Gula atau makanan manis adalah makanan yang lebih cepat dicerna hal ini bisa cepat mendatangkan rasa haus ditengah Anda menjalani puasa nantinya” sarannya.

Sebagai gantinya, ketika berbuka puasa dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium.

Perhatikan pola makan dan istirahat

Agar dapat maksimal ketika berpuasa, Erwin menganjurkan untuk memperhatikan makanan saat sahur. “Saat sahur, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat yang tinggi, seperti gandum, padi–padian, kacang-kacangan, biji–bijian dan nasi merah” imbuhnya.

Terakhir, Erwin meminta untuk memperhatikan pola istirahat. “Jika memungkinkan istirahatlah di awal siang untuk mengumpulkan energi dan terhindar dari sinar matahari yang bisa mengakibatkan dehidrasi” pungkasnya.
Setelah makan sahur, Erwin meminta untuk tidak langsung tidur karena tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan. (*)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link