Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Ini 10 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Wanita

Ini 10 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Wanita

image
Daging ikan salmon punya kandungan lemak omega 3, EPA dan DHA-nya yang tinggi. Foto Metro

PEKERJAAN, kehidupan sosial dan serbaneka kegiatan rumah tangga dapat membuat kita tidak sempat untuk mengkonsumsi makanan yang bernutrisi. Menurut seorang pakar nutrisi, Emma Sutherland, sebagaimana dikutip dari prevention.com, kebanyakan wanita kekurangan beberapa nutrisi yang penting bagi tubuhnya, seperti zat besi dan Vitamin D. Padahal kedua zat ini berpengaruh terhadap kesehatan dan kebugaran.

Lalu, apa yang harus kita makan? Yuk, simak baik-baik.

1. Sayuran berdaun hijau
Stres berkepanjangan dan sering merasa hampa? Mungkin Anda kekurangan magnesium. Stres menyebabkan tubuh kita menyerap magnesium lebih banyak dan defisiensi magnesium dapat menyebabkan otot tegang, sakit kepala, dan siklus pramenstruasi yang menyakitkan.
Sayuran berdaun hijau tua seperti kale, bayam, dan pok choy dapat menormalkan kembali kadar magnesium Anda.

2. Alpukat
Buah bertekstur seperti mentega ini mengandung vitamin E, vitamin B6 dan serat, yang sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan kulit.

3. Akar bit
Akar bit adalah salah satu makanan pelarut racun dalam tubuh. Bingung cara memakannya? Dijus saja..

4. Daging Merah
Selama masa menstruasi, biasanya para wanita mengalami kekurangan zat besi. Zat besi merupakan mineral penting yang membantu pengangkutan oksigen dalam darah ke jaringan-jaringan tubuh.
Agar kadar zat besi dalam tubuh tetap seimbang, para wanita disarankan untuk mengonsumsi daging merah, seperti daging sapi, kambing, domba, maupun rusa.

5. Susu Sapi
Tidak selamanya susu rendah lemak itu lebih baik daripada susu tinggi lemak. Jika Anda kekurangan vitamin D dan kalsium, susu tinggi lemak adalah solusinya. Vitamin D mudah larut dalam lemak, sehingga mineral ini membutuhkan lemak dalam susu agar dapat diserap oleh tubuh. Jika Anda mengonsumsi susu rendah lemak, berarti Anda kehilangan kesempatan mengonsumsi vitamin D.
Sementara itu, kalsium penting untuk mencegah osteoporosis dan menjaga kepadatan tulang.

6. Kacang Almond
Kacang almond mengandung lebih banyak kalsium daripada kacang lainnya. Sehingga mereka yang tidak suka minum susu atau mengalami intoleransi laktosa dapat mengonsumsi almond untuk mendapatkan manfaat kalsium.
Kacang almond juga merupakan pilihan cemilan yang sehat sebab kaya akan protein yang dapat menjaga kadar gula dalam tubuh.

7. Labu
Untuk menjaga paru-paru tetap sehat dan nafas lebih ringan, makanlah labu. Labu mengandung beta-carotene yang tinggi, yakni mineral yang diubah oleh tubuh kita menjadi vitamin A. Vitamin A selain baik untuk mata, juga dapat meningkatkan kesehatan pernafasan. Ditambah lagi, vitamin A membuat kulit tampak bersinar.

8. Salmon
Salmon telah terbukti memiliki banyak manfaat untuk tubuh karena kandungan lemak omega 3, EPA dan DHA-nya yang tinggi. Wanita yang mengonsumsi EPA dan DHA dalam jumlah yang banyak beresiko kecil mengalami depresi, penyakit jantung dan gangguan syaraf.

9. Fennel
Sayuran yang satu ini memang tidak populer serta sulit ditemukan. Sayuran yang sepintas mirip seledri ini memiliki kandugan vitamin C, serat, dan potasium yang cukup tinggi.

10. Kolbis
Kolbis mengandung nutrisi yang amat bermanfaat untuk pembersihan racunĀ  dan meningkatkan produksi estrogen dalam tubuh. Estrogen berperan menjaga siklus menstruasi tetap teratur dan tidak menyakitkan. (ren)