Home > METRO BERITA > GADGET & TEKNO > Ini Jawaban Kenapa Tidak Ada Windows 9

Ini Jawaban Kenapa Tidak Ada Windows 9

image
Ilustrasi

Baru-baru ini, Microsoft merilis sistem operasi Windows terbaru, yakni Windows 10. Yang jadi pertanyaan, mengapa Windows 10 yang dirilis, sedangkan sistem operasi terakhir adalah Windows 8?

Menurut Tony Prophet, Wakil Presiden Korporat Microsoft Windows, sebagaimana dikutip Intisari, pihak Microsoft sempat mempertimbangkan nama Windows 9 namun urung dilakukan. Hal ini karena Microsoft tak mau pengguna mengasosiasikan Windows terbaru dengan Windows 8 yang telah dipandang negatif.

“Windows 10 bakal menjadi lompatan. Kami mencoba menciptakan satu platform, sebuah ekosistem yang bisa menyatukan sebanyak mungkin jenis perangkat dari komputer kecil Internet of Things, hingga tablet, ponsel, PC, dan Xbox,” jelas Prophet.

Angka “9” dipandang terlalu dekat dengan angka “8”. Sehingga bisa mengesankan bahwa perubahan pada sistem operasi baru itu tidak signifikan. Padahal, menurut Prophet, Windows 10 adalah sebuah “langkah besar” dari Windows 8.1 yang mendahuluinya. 

Sebagai bagian dari pengembangan Windows 10, versi “beta” dari sistem operasi ini yang dinamai Technology Preview disalurkan ke pengguna untuk dicoba. Microsoft kemudian mengumpulkan dan mempelajari masukan yang diperoleh dari para pemakai awal tersebut.

Setelah menjelaskan alasan mengapa tidak ada Windows 9, Prophet mengungkapkan bahwa saat ini Windows 10 Technology Preview sudah diunduh oleh lebih dari 1 juta kali. Sehingga Microsoft pun kebanjiran masukan dari pengguna. Prophet mengatakan pihaknya siap mengolah segala macam input itu ke dalam produk final nanti. (ren)