Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Ini Kunci Hubungan yang Sehat dan Kuat

Ini Kunci Hubungan yang Sehat dan Kuat

man love woman

SETIAP orang menginginkan hubungan cintanya bersama kekasih semakin erat dan sehat. Namun tidak semua orang tahu caranya. Banyak pasangan terkadang mendapati diri mereka justru berlawanan dengan kekasihnya. Bagi mereka yang sudah menikah, masalah keuangan sering menjadi penyebab utana terjadinya pertengkaran dan perceraian.

Menciptakan hubungan yang kuat tidak selalu mudah, tetapi dengan memelihara hubungan jangka panjang dan saling menjaga komitmen satu sama lain ladalah ebih bermakna ketimbang terpaku pada masalah dan kesulitan yang menghadang.

Berikut ini adalah beberapa cara efektif untuk menjaga hubungan Anda tetap kuat, sebagaimana disarikan dari prevention.com.

1. Berhenti berdebat soal uang. Menjaga hubungan tetap kuat dengan tidak mengeluhkan maupun cekcok soal uang. Sebaiknya bicarakan tentang barang-barang yang Anda belanjakan, bagaimana mendapatkan uang tambahan dan bagaimana harus menabung. Berpikirlah dan bersepakatlah bersama soal keuangan.

2. Jadilah seseorang yang penyayang dan katakanlah pada diri Anda mengapa Anda mencintai kekasih Anda. Jangan lupa mengatakan padanya bahwa Anda merindukan atau mencintainya. Saat berbelanja di supermarket, pilihlah barang yang kemungkinan akan disukainya, atau berilah dia pijatan ringan saat pulang kerja.

3. Jadikan pasangan sebagai prioritas Anda. Hal ini tidak berarti si dia harus diutamakan dari segala hal. Namun Anda akan mengalami situasi di mana Anda harusnya mendahulukannya, atau di mana Anda harus lebih fokus pada karir. Bahkan jika pasangan Anda tidak dapat menjadi prioritas utama, tapi berusahalah untuk tetap menjadikannya prioritas.

Jika ada panggilan telepon di ponsel Anda saat Anda tengah berbicara dengan pasangan, abaikan teleponnya. Anda bisa melakukan panggilan telepon setelah merampungkan pembicaraan bersama pasangan.

Devosikan waktu Anda untuk pasangan ataupun keluarga, saat memungkinkan.

4. Hargailah pasangan saat Anda tengah berdebat dengannya. Cobalah untuk mendengarkan satu sama lain dan jangan menyela. Cobalah pahami maksud dan keinginan pasangan, apapun yang terjadi.

5. Berbagi dengan pasangan. Salah satu masalah yang biasa terjadi pada hubungan adalah ketika salah seorang menarik diri. Hal ini bisa saja terjadi karena pasangan Anda sedang stres atau kecewa, maupun khawatir tentang sesuatu. Berbicaralah dengannya dan minta dia untuk berbagi bebannya dengan Anda.

Anda juga harus mau membagi kebahagiaan, ketakutan, kekhawatiran dan tanggung jawab Anda kepada pasangan. Sekalipun tidak ada sesuatu yang dapat dia lakukan, namun setidaknya dia akan mengapresiasi fakta bahwa Anda memercayainya.

6. Jadilan teman satu sama lain. Berpasangan tidak berarti bahwa Anda berdua tidak bisa bersikap seperti teman. Anggaplah dia teman dekat Anda, yang selalu Anda jaga hatinya. Jangan katakan sesuatu yang tidak akan Anda katakan pada teman dekat Anda. Habiskan waktu untuk berlibur bersama, sehingga hubungan Anda tidak terlalu serius.

7. Jangan terlalu memikirkan hal-hal sepele. Beberapa kebiasaan pasangan seringkali membuat kita jengkel, seperti menaruh tisu bekas pakai di sembarang tempat, lupa mematikan kran air, atau lupa mengabari kita saat sedang bersama teman-temannya.

Sejengkel apapun Anda kepadanya, ingatlah untuk tidak bertengkar karena hal sepele. Jika dia membuat Anda emosi, ambil nafas dalam lalu buang kemarahan Anda bersama hembusan nafas. Hal sepele tidak layak untuk membuat hubungan Anda dan dia retak. (ren)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link