Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Ini Tips Buat Anda yang Boros

Ini Tips Buat Anda yang Boros

ilustrasi
ilustrasi

Apakah Anda boros? Sudah mencoba berhemat tapi tetap kehabisan uang sebelum waktunya? Mungkin masalahnya karena Anda tidak memiliki perencanaan akan masa depan dan tidak sadar bahwa ada kebutuhan finansial yang lebih perlu diprioritaskan di masa depan, misalnya biaya kesehatan (jika tidak tergabung dalam asuransi).

Untuk mengatasinya, cobalah duduk bersama pasangan dan tuliskan perencanaan jangka pendek, menengah dan panjang. Kemudian perkirakan berapa biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkannya. Lalu tetapkanlah dalam pikiran untuk mewujudkan perencanaan tersebut. Sebisa mungkin jangan mengeluarkan uang untuk hal-hal di luar yang sudah Anda tetapkan. Ingatlah selalu untuk menyimpan uang Anda demi segera mewujudkan rencana Anda.

Jika Anda berencana untuk mengeluarkan uang di luar perencanaan yang telah Anda tulis sebelumnya, sebaiknya pikir-pikir kembali. Tiliklah, apakah rencana tersebut memang Anda butuhkan atau hanya keinginan semata. Jika hal tersebut memang Anda butuhkan, tidak masalah. Namun jika hal itu hanya sebatas keinginan sementara masih ada hal-hal yang harus diprioritaskan, maka tundalah keinginan itu.

Cobalah untuk berkomitmen dengan diri sendiri. Jangan memaklumi kebiasaan boros Anda, sekalipun untuk hal-hal kecil. Jika perlu, kejamilah diri Anda. Ingatlah masa-masa sulit Anda saat kehabisan uang, sehingga saat Anda punya uang, kelola uang Anda untuk hal-hal yang memang dibutuhkan. (ren)