Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Ini Tips Hilangkan Bau Jengkol di Mulut

Ini Tips Hilangkan Bau Jengkol di Mulut

image
Jengkol (foto: Metro Semarang/Lucky Laurence)

Jengkol merupakan salah satu bahan makanan yang banyak dihindari orang. Selezat apapun rasanya saat diolah, jengkol lebih terkenal karena reputasi buruknya, yakni menimbulkan bau tak sedap bagi pemakannya. 

Bau tidak sedap ini membuat kita tidak pede saat akan berbicara dengan orang lain, maupun saat menggunakan toilet bersama. Nah, agar terhindar dari rasa tidak pede setelah makan jengkol, sebaiknya ikuti tips berikut ini :

1. Gosok gigi
Gosok gigi mutlak dilakukan untuk membersihkan sisa jengkol di mulut. Fokuskan menggosok gigi di permukaan kunyah dan jangan lewatkan untuk menggosok permukaan lidah, untuk menghilangkan lendir makanan yang tertinggal.

2. Pencuci mulut
Jika Anda punya mouthwash, gunakan mouthwash untuk menyempurnakan kebersihan gigi Anda setelah menggosok gigi. Jika tidak punya mouthwash, makanlah buah-buahan seperti pisang, mangga, semangka, melon atau jeruk setelah makan jengkol atau sebelum menggosok gigi. Sari buah membantu menghilangkan sisa makanan sebelumnya. 

3. Minum kopi
Tahap terakhir yang harus Anda lakukan adalah minum kopi. Kopi dapat menetralkan bau jengkol di mulut, dan mengurangi bau saat buang gas, buang air kecil maupun BAB. 

4. Banyak minum air putih
Minum air putih sebanyak-banyaknya agar kandungan zat dalam jengkol yang telah dicerna tubuh lebih cepat keluar melalui urin, keringat maupun kotoran. 

Itulah tips menghilangkan bau setelah menyantap jengkol. Semoga berguna ya kas! (ren)