Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Inilah 17 Daerah yang Gelar Pemilihan Bupati Walikota 2015

Inilah 17 Daerah yang Gelar Pemilihan Bupati Walikota 2015

image

SEMARANG– Tujuh belas kabupaten kota di Jawa Tengah akan menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada tahun 2015. Pilkada akan digelar antara bulan Mei-November sehingga persiapan harus dimulai sekarang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah, Joko Purnomo mengatakan, ada enam daerah menggelar pilkada lebih awal yakni pada bulan Mei. Hal ini dikarenakan akhir masa jabatan kepada daerah di beberapa daerah itu berakhir pada Juli. Yakni Kota Pekalongan, Kota Semarang,  Rembang,  Purbalingga,  Kebumen, dan Kota Surakarta. 

Dengan adanya pilkada pada bulan Mei 2015, maka persiapan harus dimulai sekarang. Sebab setidaknya enam bulan sebelum pemungutan suara, tim penyelenggara setiap tingkatan sudah harus terbentuk.  

Sementara daerah lainnya yang menggelar Pilkada setelah Mei yakni Pemalang, Kendal, Kabupaten Semarang, Kota Magelang, Wonosobo, Boyolali, Klaten, Purworejo, Sukoharjo, Wonogiri, dan Blora.

Sebagai persiapan, KPU Jateng akan mengumpulkan KPUD kabupaten kota pada Agustus ini. Selain pendataan pemilih, KPUD tersebut juga diminta menyiapkan beberapa dokumen inti. Di antaranya, draf regulasi mengenai tahapan Pilkada, mekanisme pembentukan penyelenggara, regulasi soal daftar pemilih tetap (DPT), dan regulasi soal pencalonan. Dalam penyusunan regulasi ini, KPUD diminta melibatkan pihak lain, baik pakar maupun praktisi.

“KPUD harus berkoordinasi dengan pemerintah daerah masing-masing untuk menentukan anggaran pilkada. Jumlah anggaran pelaksanaan pilkada berbeda setiap daerah,” katanya.(MS-08)