Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Inilah 9 Nama Calon Ketua DPRD Jateng 2014-2019

Inilah 9 Nama Calon Ketua DPRD Jateng 2014-2019

image
Ilustrasi

SEMARANG – Keputusan mengenai siapa yang dipilih menjadi pimpinan DPRD Jawa Tengah periode 2014–2019 dan sejumlah kabupaten/kota di provinsi setempat dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, segera diketahui dalam waktu dekat setelah turunnya penunjukan dari dewan pimpiman pusat.

Sekretaris DPD PDIP Jawa Tengah Agustina Wilujeng mengatakan, DPD PDIP Jateng diberi kewenangan untuk mengajukan nama-nama calon pimpinan DPRD Jateng, sedangkan yang berhak memilih dan memutuskan adalah DPP PDIP.

Pihaknya menyiapkan sembilan nama calon. Mereka adalah Rukma Setiabudi, Nunik Sriyuningsih, Alwin Basri, Sri Ruwiyati, Sarei Abdul Rosyid, Bambang Haryanto, Sarwono, Messy Widiastuti, dan Wahyudi Masud.

“Mungkin minggu depan sudah turun (keputusan yang menjadi pimpinan DPRD dari PDIP), ‘bareng’ semuanya se-Jateng,” kata Agustina.

Sembilan orang tersebut sudah menjalani fit and proper test di DPP
PDIP pada 13-14 Agustus lalu. Keputusan DPP mengenai siapa yang
dipilih menjadi ketua Dewan diperkirakan akan keluar sebelum
pelantikan DPRD Jateng pada 3 September mendatang.

DI luar masalah ketua Dewan, DPD akan menggelar masa orientasi untuk 27 calon DPRD Jateng terpilih dari PDIP. Orientasi akan dilaksanakan pada 30-31 Agustus di Semarang. Selanjutnya para calon anggota DPRD kabupaten kota, provinsi dan DPR RI terpilih dari Jateng akan menjalani pembekalan di Hotel Gumaya Semarang pada 5-7 September.

Pemilu Legislatif 9 April 2014 menghasilkan 100 anggota DPRD Jateng yang terdiri atas 23 perempuan dan 67 laki-laki. PDIP mendapat jatah ketua Dewan karena memperoleh 27 kursi atau bertambah empat kursi dibandingkan Pemilu 2009. Empat wakil ketua menajdi hak PKB (13 kursi), Partai Gerindra (11), serta PKS dan Golkar masing-masing 10 kursi.(Metrojateng/MJ-03)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link