Home > METRO BERITA > METRO SPORT > Inilah Calon Lawan PSIS di Babak 16 Besar

Inilah Calon Lawan PSIS di Babak 16 Besar

psis

SEMARANG – Setelah mengunci tiket 16 besar, PSIS mulai berhitung calon lawan yang bakal dihadapi di fase selanjutnya. Skuad Mahesa Jenar dipastikan bakal tetap ngotot di tiga laga tersisa untuk mengamankan status juara Grup 4 dan terhindar dari potensi bentrok dengan sesama tim Jawa Tengah.

Sesuai manual liga yang disusun PT Liga Indonesia, pembagian grup di fase 16 besar akan disusun berdasarkan wilayah. Empat grup pertama yang berisi juara dan runner up Grup 1, 2, 3 dan 4 mengisi pool barat. Sedangkan wakil Grup 5, 6, 7 dan 8 akan ditempatkan di pool timur.

Selanjutnya, pembagian di masing-masing grup bakal disusun silang berdasarkan posisi sebelumnya. Dengan demikian, juara Grup 1 akan bergabung dengan runner up Grup 2, juara Grup 3 dan runner up Grup 4. Sedangkan runner up Grup 1 bakal bersaing dengan juara Grup 2, runner up Grup 3 dan Juara Grup 4.

Dari berpatokan pada posisi klasemen terkini, Pro Duta, PS Bangka dan PSCS Cilacap berada di pool terdepan untuk menjadi juara Grup 1, 2, dan 3. Sementara, posisi runner up bakal diisi PSPS Pekanbaru, Persikabo Bogor dan PSGC Ciamis.

CEO PT Mahesa Jenar Semarang Yoyok Sukawi berharap PSIS bisa terhindar dari PSCS di fase 16 besar. “Kami siap meladeni tim manapun di babak 16 besar. Tapi, sebisa mungkin tidak bertemu dengan sesama tim asal Jawa Tengah. Dengan begitu, Jawa Tengah bisa mengirimkan wakil sebanyak mungkin di babak selanjutnya,” katanya.

Di fase 16 besar ini baru PSIS dan Persis, wakil Jateng yang sudah memastikan lolos. PSCS hampir dipastikan mengikuti jejak Semarang dan Solo. Saat ini, Laskar Nusakambangan masih memimpin di Grup 3 dan hanya keajaiban yang bisa menggagalkan langkah Cilacap lolos ke fase 16 besar. Sebenarnya, di Grup 3 juga ada Persibangga Purbalingga yang secara matematis masih punya kans lolos. Tapi, peluang skuad racikan Ahmad Muhariah itu sangat kecil, karena harus bersaing dengan PSGC, Persika Karawang, dan Persipon Pontianak yang punya poin lebih baik.

Dari tim-tim yang berpeluang menjadi lawan Mahesa Jenar tersebut, Yoyok menyebut Pro Duta bakal menjadi ancaman terbesar. “Tim lain juga cukup bagus, tapi Pro Duta punya dukungan finansial yang paling besar. Kualitas pemain mereka juga merata,” bebernya.

Tim berjuluk Kuda Pegassus itu dihuni eks kapten PSIS Donny Siregar. Walter Brizuela dan Vali Khorsandipish menjadi pilar asing di skuad besutan Ansyari Lubis ini. PS Bangka juga berpotensi menjadi sandungan Fauzan Fajri dkk. Musim kemarin, Mahesa Jenar sudah merasakan alotnya perlawanan tim asal Kepulauan Bangka Belitung ini di babak 12 besar. Bersama PSCS dan Persis, PS Bangka menjadi kontestan Divisi Utama musim ini yang belum pernah kalah.

Saat ini, PSIS masih bersaing dengan Persis Solo untuk menjadi jawara Grup 4. Juara Liga Indonesia 1999 itu sama-sama mengoleksi 26 angka, tapi masih menyimpan satu pertandingan dibanding Laskar Sambernyawa. “Sekalipun sudah memastikan lolos, kami tetap mengincar posisi juara grup. Karenanya, kami tetap all out saat melawan Persip,” imbuh Wahyu Winarto, Manajer Tim PSIS.

Liluk, begitu dia disapa, berharap suporter tetap memberikan dukungan saat pasukan Eko Riyadi menjamu Pekalongan, Jumat (15/8/2014) sore. Dia memprediksi duel kedua tim bakal berjalan ketat. Bagaimanapun, Persip juga masih butuh poin untuk menghindari zona degradasi. (*)

Berikut ini tim-tim yang kemungkinan bakal menjadi lawan PSIS di babak 16 besar:

Jika PSIS Runner Up

Pro Duta (Grup 1)

Persikabo (Grup 2)

PSCS (Grup 3)

Jika PSIS Juara Grup

PSPS (Grup 1)

PS Bangka (Grup 2)

PSGC (Grup 3)