Home > METRO BERITA > METRO SPORT > Inilah Kontestan Sementara Babak 8 Besar Divisi Utama

Inilah Kontestan Sementara Babak 8 Besar Divisi Utama

image

SEMARANG – PSIS sudah memastikan satu tempat di fase 8 besar Divisi Utama bersama Borneo FC dan Persiwa Wamena yang menjadi wakil Grup M. Kini, Mahesa Jenar tinggal menunggu pendamping dari Grup J yang masih diperebutkan Pro Duta dan PSCS Cilacap.

Seluruh kontestan di fase 16 besar sudah merampungkan pertandingan kelimanya pada Sabtu (20/9) kemarin. Sejauh ini baru ada tiga tim yang sudah menyegel tiket di perempatfinal, yakni PSIS, Borneo FC dan Persiwa. Sedangkan jatah lima tempat lainnya masih akan diperebutkan oleh sembilan tim.

Dari Grup J yang dihuni PSIS, Pro Duta dan PSCS yang sama-sama mengemas tujuh angka bakal saling sikut di matchday terakhir, 24 September mendatang. PSCS lebih diuntungkan karena bertindak selaku tuan rumah. Namun, Taryono dkk wajib menang jika ingin mendampingi PSIS. Jika laga berakhir imbang, maka Pro Duta yang akan lolos karena di pertemuan pertama Kuda Pegassus mampu menggulung Cilacap 3-1.

PSIS yang akan menjamu Persikabo hanya butuh hasil imbang untuk menjadi juara grup. Jika skenario ini berjalan mulus, maka lawan Fauzan Fajri cs di 8 besar adalah runner up Grup K, juara Grup L dan runner up Grup M.

Sampai saat ini baru Grup M yang sudah mengirimkan dua wakilnya, yakni Borneo FC dan Persiwa. Meski masih menyisakan satu pertandingan lagi, posisi Borneo FC di pucuk klasemen bakal sulit tergoyahkan. Danilo Fernando dkk sudah mengemas 13 poin, unggul tiga angka di atas Persiwa.

Pertarungan seru akan terjadi di Grup K dan L. Di dua grup itu masih banyak skenario yang bisa terjadi.

Persis Kritis

Di Grup K, Persis Solo, PS Bangka, PSPS Pekanbaru dan PSGC Ciamis sama-sama masih berpeluang ke 8 besar. PS Bangka masih berada di posisi teratas dengan delapan angka. Tapi, posisi mereka rawan tergusur jika sampai kalah di laga pamungkas melawan tuan rumah Persis Solo.

PSGC yang mengemas lima angka, dua poin lebih sedikit dari Persis dan PSPS juga bisa menyodok tiga kontestan lainnya. Kans itu cukup terbuka karena Emile Linkers cs akan menjamu PSPS di Ciamis. Jika sukses mengamankan tiga angka dan PS Bangka tumbang di Solo, mereka akan lolos sebagai runner up mendampingi Persis.

Meski di klasemen akhir nantinya poin yang mereka kumpulan sama dengan Bangka, Laskar Galuh punya keuntungan rekor head to head, karena mampu mengimbangi PS Bangka 2-2 di pertemuan pertama.

Persis dan PS Bangka juga dimungkinkan lolos, sekalipun keduanya hanya bermain imbang. Dengan catatan PSPS tumbang di Ciamis. Tapi, skenario itu bisa berantakan, jika Asykar Bertuah–julukan PSPS–sanggup memaksakan hasil imbang atas PSGC. Jika dua laga pamungkas Grup K berakhir seri, maka Bangka dan PSPS yang akan lolos. Sebab, Persis kalah head to head dengan PSPS.

Kejutan Persigubin

Persaingan di Grup L juga tak kalah seru. Dari grup ini hanya Persewangi Banyuwangi yang sudah dipastikan masuk kotak, sedangkan Martapura FC, PSS Sleman dan Persigubin Pegunungan Bintang masih berpeluang berlaga di 8 besar.

Ketiga tim masing-masing hanya dipisahkan satu angka. Martapura masih di puncak dengan 10 poin, di bawahnya ada PSS dengan 9 angka dan Persigubin yang sudah mengemas 8 poin.

Martapura masih sangat mungkin terdepak, jika mereka gagal menuai angka di kandang Persigubin dan PSS bisa menambah minimal satu poin dari Banyuwangi. Meski hasil akhir sama-sama mengemas 10 poin, PSS unggul rekor head to head atas Martapura. Setelah takluk 3-4 di pertemuan pertama, Laskar Elang Jawa–sebutan PSS–mampu membalas dengan skor 1-0 di Sleman.

PSS juga dimungkinkan lolos sekalipun mereka tumbang di Banyuwangi, dengan catatan Persigubin gagal mengalahkan Martapura. Saktiawan Sinaga cs juga punya rekor pertemuan lebih baik atas Persigubin. Takluk 0-1 di Papua, mereka gantian melibas dengan skor telak 3-0 saat main di Sleman.

Kecuali Grup K, wakil dari masing-masing grup di babak 8 besar akan diketahui pada 24 September mendatang. Sedangkan matchday 6 di Grup K, baru akan dimainkan empat hari kemudian, atau 28 September. (*)

Komposisi Sementara 8 Besar per 20 September

Grup I
PSIS Semarang
PSPS Pekanbaru
Martapura FC
Persiwa Wamena

Grup II
Pro Duta Medan
PS Bangka
PSS Sleman
Borneo FC

Klasemen Sementara
Grup J:
  Tim                           M        Mn      S          K        Gol     N
1.PSIS                        5          3         1          1        7-5     10
2.Pro Duta                 5          2         1          2         8-7      7
3.PSCS                       5          2         1          2         7-6      7
4.Persikabo              5          1         1          3         4-8     4

Jadwal
24 Sep PSIS vs PERSIKABO
24 Sep PSCS vs PRO DUTA FC

Grup K :
  Tim                           M        Mn      S          K         Gol      N
1.PS Bangka             5          2        2          1          8-6     8
2.PSPS                       5          2        1          3          9-9      7
3.Persis                      5          2        1          2        11-9     7
4.PSGC                       5          1        2          2         8-11    5

Jadwal
28 Sep PERSIS vs PS BANGKA
28 Sep PSGC vs PSPS

Grup L:
  Tim                           M        Mn      S          K         Gol      N
1.Martapura FC       5          3         1          1         9-6     10
2.PSS                          5          3         0          2         9-5      9
3.Persigubin             5          2         2          1         5-4      8
4.Persewangi           5          0         1          4         1-9      1

Jadwal
24 Sep PERSEWANGI vs PSS
24 Sep PERSIGUBIN  vs MARTAPURA FC

Grup M :
   Tim                          M        Mn      S          K         Gol      N
1.Borneo FC              5          4         1          0         16-3   13
2.Persiwa                  5          3         1          1         13-8   10
3.Persinga                5          1          2          2          6-10    5
4.Persebo                  5          0          0          5          3-17   0

Jadwal
24 Sep PERSEBO vs PERSINGA
24 Sep PERSIWA vs BORNEO FC