Home > METRO BERITA > Inilah Penampakan Supermoon di Langit Semarang

Inilah Penampakan Supermoon di Langit Semarang

METROSEMARANG.COM – Supermoon terlihat di beberapa titik di langit Semarang, Senin (14/11) malam. Supermoon merupakan suatu istilah untuk menyebut Bulan yang terlihat lebih besar dari biasanya jika dilihat dari Bumi.

Penampakan Supermoon di langit MAJT. Foto: istimewa
Penampakan Supermoon di langit MAJT. Foto: istimewa

“Sebenarnya, tidak ada yang berubah dari ukuran Bulan, ukurannya tetaplah sama,” beber Muhammad Ihtirozun, pegiat astronomi Islam (Falak) UIN Walisongo Semarang sekaligus pencipta I’zun Dial, alat pengukur arah Kiblat.

Menurutnya Bulan terlihat lebih besar karena Bulan berada di jarak yang dekat dengan Bumi. Selain itu, Bulan dalam berevolusi mengelilingi Bumi, terkadang berada di posisi paling jauh dengan Bumi (Apogee), terkadang berada di posisi paling dekat dengan Bumi (Periegee).

“Ini akibat dari bentuk orbit Bulan yang tidak berupa lingkaran bulat, melainkan berbentuk elips, sehingga terdakang Bulan berada dekat dengan Bumi, terkadang jauh dengan Bumi,” imbuhnya.

Apabila Bulan berada di posisi yang dekat dengan Bumi, ia akan terlihat lebih besar. Lebih dekat lagi akan lebih besar lagi, begitu pula sebaliknya. Dengan posisi yang lebih dekat tersebut, ukuran Bulan terlihat lebih besar atau disebut dengan Supermoon.

“Sebaliknya ketika posisi lebih jauh, ukuran Bulan terlihat lebih kecil atau disebut dengan Micromoon,” pungkasnya.

Supermoon dapat dilihat jelas di langit Semarang dari kawasan Tugu Muda dan MAJT sekitar pukul 23.00. (vit)