Home > METRO BERITA > METRO SPORT > Inilah Penampilan Terbaik PSIS Versi Eko Riyadi

Inilah Penampilan Terbaik PSIS Versi Eko Riyadi

 

Pemain Persiku terkulai lemas setelah gawang mereka dibobol Fauzan Fajri di menit 94. Foto Metrosemarang/MS-01
Pemain Persiku terkulai lemas setelah gawang mereka dibobol Fauzan Fajri di menit 94. Foto Metrosemarang/MS-01

SEMARANG – PSIS tinggal menyisakan dua laga lagi sebelum menutup putaran grup Divisi Utama 2014. Dari 12 pertandingan yang sudah dilakoni, Fauzan Fajri dkk  sukses membukukan sembilan kemenangan, dua imbang dan sekali kalah. Tapi, pelatih Eko Riyadi justru menyebut kekalahan di markas Persis Solo itu merupakan penampilan terbaik pasukan Mahesa Jenar. Apa alasannya?

Sembilan kemenangan yang diukir PSIS tersebut nyaris seluruhnya terjadi di Stadon Jatidiri yang menjadi rumah klub berlogo Tugu Muda ini. Hanya Persis yang sanggup menodai rekor kandang si Biru, kala kedua tim berbagi angka 1-1, akhir Mei silam. Sedangkan enam partai kandang lainnya berhasil disapu bersih anak-anak Semarang.

Tiga kemenangan lainnya didapat anak asuh Eko Riyadi di markas Persip (2-0), PPSM (3-1) dan Persitema (2-0). Persis juga yang sejauh ini mampu menggagalkan PSIS untuk meraup poin, saat kedua kubu bentrok di Stadion Manahan, 14 Mei silam. Gol Yanuar Ruspuspito di menit 55 memberi kekalahan perdana PSIS.

Sekalipun kalah, sang arsitek Eko Riyadi justru menilai pertandingan di Solo tersebut merupakan penampilan terbaik anak buahnya. “Secara hasil, kami memang kalah. Tapi, kualitas permainan anak-anak di pertandingan itu adalah yang terbaik sejauh ini,” katanya.

Datang dengan bekal lima kemenangan beruntun,  Fauzan Fajri dkk memang lebih mendominasi permainan. Mereka sanggup memaksa anak asuh Widiantoro nyaris bertahan di sepanjang laga. “Strategi yang kita harapkan bisa dijalankan dengan sempurna oleh anak-anak. Semua lini bekerja dengan baik. Mungkin, kita hanya kurang beruntung saja,” tutur Eko.

Ucapan Eko cukup beralasan. Di pertandingan tersebut, tercatat ada lima peluang PSIS yang digagalkan tiang gawang. Selain duel di kandang Persis itu, penampilan PSIS kala menundukkan Persiku 3-2 di Jatidiri, juga cukup memuaskan Eko.

Pada laga yang digelar 10 Mei tersebut, skuad Mahesa Jenar memperlihatkan mentalitas sebagai salah satu kandidat juara Divisi Utama musim ini. Tampil tanpa Julio Alcorse, PSIS sepertinya bakal menelan kekalahan kandang pertamanya ketika mereka masih tertinggal 1-2 hingga menit 80. Setelah Hari Nur menyamakan skor di menit 85, Fauzan Fajri menjadi penentu kemenangan lewat gol sundulan kepala saat injury time.

“Penampilan saat melawan Persiku di Semarang juga membuktikan bahwa mental anak-anak cukup bagus. Mereka terus berjuang hingga menit terakhir dan berbuah dengan kemenangan,” lanjut Eko.

PSIS bakal melawat ke kandang PSIR Rembang, Selasa (19/8/2014) dan berkunjung ke Purwodadi, empat hari kemudian. Satu kemenangan lagi bakal mengunci tim Goyang Semarang di puncak klasemen Grup 4. (*)