Home > METRO BERITA > Inilah Susunan Pimpinan DPRD Kota Semarang

Inilah Susunan Pimpinan DPRD Kota Semarang

image

SEMARANG – Susunan pimpinan DPRD Kota Semarang akhirnya terbentuk. Meski belum ada pengumuman resmi dari Sekretariat Dewan namun partai politik yang memiliki jatah kursi pimpinan dewan sudah menyebutkan nama-namanya.

Berdasarkan hasil perolehan suara pada pemilu legislatif lalu kursi pimpinan dewan (pimwan) ini menjadi jatah dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat, dan Partai Gerindra. PDIP sebagai pemenang pemilu legislatif akan mendapatkan jatah untuk menduduki kursi ketua dewan.

Santer dibicarakan kursi ketua dewan tersebut akan diberikan oleh PDIP kepada Supriyadi yang saat ini jadi ketua dewan sementara. Mantan ketua komisi D dan wakil ketua dewan ini menjadi kandidat calon terkuat dari sejumlah nama lain yang diusulkan. Namun demikian, hingga hari ini partai berlambang banteng moncong putih ini masih belum mau memberikan pernyataan resmi. ‘’Nanti saja, mungkin Jumat (5/9) akan ada penjelasan dari partai,’’ kata Supriyadi, selaku Sekretaris DPC PDIP Kota Semarang, Selasa (2/9/2014).

Sumber yang diperoleh koran ini menyebutkan, sebenarnya rekomendasi dari dewan pimpinan pusat tentang nama anggota yang ditunjuk menjadi ketua dewan sudah turun dan diterima oleh DPC PDIP Kota Semarang. Dalam surat rekomendasi tersebut nama Supriyadi ditunjuk menjadi ketua DPRD Kota untuk periode 2014-2019. Namun DPC masih menunggu waktu yang tepat untuk mengumumkannya.

Sementara dari PKS sudah menyebutkan nama yang nantinya akan menjadi wakil ketua dewan yaitu Agung Budi Margono. Penunjukkan ketua DPC PKS Kota Semarang ini adalah berdasarkan hasil rekomendasi yang disetujui dari dewan pengurus pusat PKS. ‘’Suratnya (penunjukkan Agung BM) sudah kami sampaikan ke Sekretariat Dewan,‘’ kata Agung BM, mantan wakil ketua komisi C ini.

Demikian juga Partai Gerindra sudah menunjuk anggotanya Joko Santoso sebagai wakil ketua dewan, dan Partai Demokrat menunjuk anggotanya Wiwin Subiyono untuk kembali duduk di kursi pimpinan dewan. Wiwin pada periode sebelumnya juga sudah sebagai pimpinan dewan dengan menjabat sebagai ketua.

Hermawan Sulis, Sekretaris DPC Partai Gerindra Kota Semarang mengakui bahwa yang menjadi wakil ketua dewan dari partainya adalah sesuai dengan rumor yang sudah beredar. Sedangkan selama ini yang dirumorkan sebagai calon wakil ketua dewan dari partai yang berlambang burung garuda ini adalah Joko Santoso.

Penunjukan dari dewan pengurus pusat Partai Gerindra terhadap Joko Santoso ini memang termasuk kejutan. Karena melihat kiprah Joko Santoso sebenarnya sebagai anggota baru di partai ini. Hermawan Sulis yang sebenarnya juga diusulkan oleh DPC sebagai wakil ketua dewan justeru tidak dipilih. ‘’Saya akan jadi ketua komisi saja,’’ kata Hermawan Sulis.

Ketua Fraksi Demokrat Danur Rispriyanto juga menyatakan partainya sudah menunjuk Wiwin Subiyono sebagai wakil ketua dewan. ‘’Untuk alat kelengkapan dewan dari Demokrat sudah turun rekomendasinya dari DPP. Wakil ketua (dewan) diisi oleh Wiwin Subiyono,’’ jelasnya. (MS-13)