Home > Berita Pilihan > Inilah Tiga Kandidat Kuat Calon Sekda Kota Semarang

Inilah Tiga Kandidat Kuat Calon Sekda Kota Semarang

METROSEMARANG.COM – Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) menjadi perhatian banyak orang seiring penataan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang. Tiga orang dianggap menjadi kandidat yang paling kuat untuk menduduki posisi strategis itu.

Searah jarum jam: Agus Riyanto, Ayu Entys dan Adi Tri Hananto. Ketiga nama ini disebut-sebut bakal menduduki jabatan Sekda Kota Semarang. Foto: metrosemarang.com

Sampai saat ini Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi belum mengumumkan struktur OPD baru yang dinanti dengan was-was para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemkot. Menurut keterangan sejumlah sumber, banyak pegawai khususnya yang saat ini eselon II dan III berusaha ‘mengambil hati’ wali kota seperti tiba-tiba sering sowan (bertamu) agar dinaikkan jabatannya. Atau agar digeser dan ditempatkan di tempat yang lebih strategis.

Dalam struktur OPD baru nanti, kemungkinan besar memang akan terjadi perombakan besar-besaran. Mengingat akan ada dinas yang dihapus atau dipecah menjadi beberapa dinas. Seperti Dinas Pasar akan dihapus dan masuk dalam Dinas Perdagangan. Ditambah ada Dinas Perindustrian sendiri.

Sementara Dinas Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) akan dipecah jadi Dinas Pendapatan dan Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset. Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan KB (Bapermasper) juga dipecah jadi tiga. Menjadi Dinas Urusan KB, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak.

Namun yang paling banyak mendapat perhatian adalah pengisian jabatan Sekda Kota Semarang. Dari informasi yang beredar kuat di lingkungan Balai Kota Semarang, tiga nama disebut jadi kandidat paling kuat untuk mendudukinya. Siapa mereka?, yakni Agus Riyanto yang saat ini menjabat sebagai Kepala DTKP Kota Semarang, dan Ayu Entys yang sekarang sebagai Asisten Administrasi Ekonomi dan Kesra Sekda Kota Semarang.

Satu lagi adalah Adi Tri Hananto, orang yang saat ini menjabat sebagai Sekda Kota Semarang sejak Januari 2013. Adi Tri Hananto sebelumnya juga menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Sekda menggantikan Plt Sekda saat itu Hadi Purwono yang pensiun pertengahan 2012.

Ketiga nama itu menurut sebuah sumber, sama-sama memiliki keunggulan dan kelemahan jika dipercaya sebagai orang nomer satu di jajaran birokrasi ASN Pemkot Semarang. Namun jika melihat persoalan serius yang saat ini harus segera diselesaikan Kota Semarang, yaitu persoalan rob dan banjir, maka yang lebih pas menjadi Sekda menurut sumber itu adalah Agus Riyanto.

“Dia (Agus Riyanto) sudah banyak pengalaman di bidang kegiatan pembangunan fisik. Sebelum menjadi Kepala DTKP dia juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas PSDA-ESDM yang di antaranya menangani persoalan rob dan banjir di Semarang,” tutur sumber itu.

Sementara itu, Agus Riyanto saat dikonfirmasi namanya jadi salah satu yang disebut pantas menjadi Sekda, menyatakan tidak pernah mengincar jabatan tertentu. Pembentukan struktur OPD baru dan penempatan dirinya dia serahkan kepada Wali Kota Semarang.

“Itu hak prerogratif wali kota ya, saya tidak pernah mengincar jabatan ini itu, mengalir saja, dimana saja ditempatkan saya siap melaksanakan tugas dengan baik,” katanya, Senin (2/1).

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi sendiri sebelumnya menyatakan pelantikan OPD baru kemungkinan akan dilakukan tanggal 3 atau 4 Januari 2017. Pengisian jabatan dalam struktur OPD baru dilakukan berdasarkan hasil uji kompetensi yang telah dilakukan. (duh)