Home > METRO BERITA > Instalasi Kelistrikan Pasar Tradisional Diminta Dibenahi

Instalasi Kelistrikan Pasar Tradisional Diminta Dibenahi

METROSEMARANG.COM – Pascakebakaran Pasar Waru, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu meminta Dinas Pasar mengecek instalasi kelistrikan di seluruh pasar tradisional. Hal itu untuk mengantisipasi kembali terjadi kebakaran pasar.

Wakil Wali Kota Hevearita G Rahayu meninjau lokasi kebakaran di Pasar Waru, Sabtu (19/11). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh
Wakil Wali Kota Hevearita G Rahayu meninjau lokasi kebakaran di Pasar Waru, Sabtu (19/11). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

‘’Kita memang belum tahu apakah penyebab kebakaran Pasar Waru karena korsleting (hubungan arus pendek) listrik, lilin, kompor atau lainnya. Karena kewenangannya Kepolisian yang masih menyelidiki. Tapi sebagai antisipasi saya minta Dinas Pasar cek instalasi listrik semua pasar,’’ kata Ita, sapaan akrab wakil wali kota, Minggu (20/11).

Pengawasan pasar juga diminta untuk ditingkatkan guna mencegah potensi kebakaran pasar tradisional. Apalagi kebakaran pasar di Semarang sudah beberapa kali terjadi. Namun pencegahan tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah, tapi semua pihak khususnya pedagang harus bersama-sama ikut mencegah potensi terjadinya kebakaran.

Sementara Komisi B DPRD Kota Semarang juga mendorong Pemkot Semarang melakukan pendataan dan pembenahan instalasi listrik pasar-pasar tradisional. Sebagai upaya untuk mencegah bencana kebakaran.

‘’Instalasi listrik pasar yang carut-marut harus segera dibenahi, seringkali kebakaran pasar bersumber dari korsleting listrik. Apalagi belum semua pasar tradisional telah direvitalisasi,’’ kata Ketua Komisi B DPRD Kota Semarang, Muallim.

Dia meminta instalasi kelistrikan di semua pasar dipasang sesuai standar Perusahaan Listrik Negara (PLN). Sehingga lebih aman dari potensi terjadinya kebakaran. (duh)