Home > METRO BERITA > Instalasi Pengolahan Air Jatisari dan Jatibarang Segera Dibangun

Instalasi Pengolahan Air Jatisari dan Jatibarang Segera Dibangun

METROSEMARANG.COM – Untuk meningkatkan cakupan pelayanan, PDAM Tirta Moedal Kota Semarang akan membangun dua instalasi pengolahan air sekaligus di 2017. Yaitu Instalasi Pengolahan Air (IPA) Jatisari dan Jatibarang di Kecamatan Mijen.

Ilustrasi 

Pipa Jatisari akan menghasilkan kapasitas air hingga 200 liter/detik. Jaringan ini akan digunakan untuk melayani pelanggan di wilayah Semarang Barat yang saat ini masih rawan kekeringan.

Sedangan pembangunan instalasi pengolahan air Jatibarang akan menghasilkan air lebih besar lagi mencapai 500 liter/detik. Sebab air diambil langsung dari Waduk Jatibarang. Jaringan ini juga akan diprioritaskan untuk wilayah Semarang Barat.

Tapi tidak hanya untuk pelanggan domestik, pipa Jatibarang ini juga akan melayani pelanggan non domestik dalam hal ini termasuk industri dan niaga-niaga yang ada di sana. Karena peluang munculnya industri di Jatibarang dan sekitarnya cukup tinggi.

”Pipa Jatisari kita upayakan sudah dibangun di pertengahan 2017. Sedangkan untuk pipa Jatibarang masih menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat,” kata Direktur Utama PDAM Tirta Moedal Kota Semarang, Etty Laksmiwati, Selasa (20/12).

Menurut Etty, dengan adanya pipa Jatisari dan Jatibarang ditargetkan jumlah pelanggan bertambah 10.000 dari saat ini 165.000. Ini termasuk upaya untuk memenuhi target universal akses atau 100 persen penduduk terlayani di tahun 2019.

”Kita ditarget pemerintah 100 persen penduduk terlayani di 2019. Minimal 80 persen oleh perpipaan PDAM dan yang 20 persennya bisa lewat Pamsimas atau pemberdayaan masyarakat,” kata Etty. (duh)